Website & Sistem Informasi

Company Profile: Pengertian, Fungsi Penting & Manfaat Utama Bagi Perusahaan Kamu!

  • Apr 29, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content

Di era modern seperti sekarang semuanya sudah dilakukan dengan metode digital, termasuk promosi digital untuk bisnis. Salah satu cara untuk promosi digital untuk bisnis Anda yakni dengan membuat website Company Profile.

Website resmi dari perusahaan itu memiliki manfaat yang sangat besar, salah satunya untuk menunjukkan kalau bisnis memang serius dan kredibel.

Website tersebut bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan berbagai informasi penting dari perusahaan termasuk informasi produk dan jasa.

Berikut penjelasan terkait website Company Profile beserta fungsi dan manfaatnya versi MSSHRPay.

 

Baca Juga: Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Web & Mobile Profesional Untuk Perusahaan

 

Apa Itu Website Company Profile?

Sebelum membuat dan memanfaatkan website Company Profile, maka Anda perlu memahami mengenai hal tersebut terlebih dahulu. Website sendiri merupakan salah satu media digital yang bisa dibuat untuk merepresentasikan bisnis atau perusahaan yang Anda buat.

Anda bisa menjelaskan beragam macam hal mengenai perusahaan atau juga bisnis Anda yang memang sangat penting. Media digital itu sudah pasti akan lebih mudah menjangkau lebih banyak orang, karena internet mampu menjangkau area yang luas.

Maka dari itu pengertian website Company Profile adalah website yang berisikan data terkait perusahaan dengan lengkap dan terstruktur yang bertujuan agar informasi dapat diakses dengan mudah dan dengan cakupan jangkauan yang lebih luas.

Membuat website Company Profile bisa membantu bisnis Anda bisa lebih dikenal oleh banyak orang dan pada akhirnya bisa mempengaruhi perkembangan dari bisnis Anda. Sampai saat ini website masih menjadi media yang tepat untuk menampikan profile perusahaan dan masih sangat relevan.

 

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Penyedia Jasa Pembuatan Sistem Informasi & Website Untuk Perusahaan

 

Fungsi Company Profile

Selain menggambarkan bisnis dengan tepat kepada para pembacanya, company profile perusahaan terdapat beberapa fungsi yang tak kalah hebatnya. Beberapa fungsi profil perusahaan selain memperkenalkan identitas bisnis, antara lain:

1. Menciptakan Brand Story

Dalam profil perusahaankamu dapat menceritakan bagaimana sejarah perusahaan berdiri, kemudian pencapaian perusahaan, serta apa yang sedang berusaha dicapai. Hal ini kemudian menjadi sangat penting dalam dunia bisnis karena merupakan cara terbaik untuk menjalin koneksi dengan banyak klien.

Dengan memberi gambaran umum perusahaan di profil perusahaan, maka kamu bisa menawarkan atau membuka peluang untuk dapat berkembang menjadi suatu usaha dalam skala besar dan kesuksesan perusahaan di masa mendatang.

2. Mempromosikan Brand

Selain menciptakan brand story, profil perusahaan juga dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan brand kepada konsumen. Dengan begitu, semakin banyak pula masyarakat yang aware pada brand perusahaan.

Hal ini akan membantu calon pelanggan untuk dapat mengenal usaha dengan lebih dekat serta lebih baik. Jadi, hanya dengan berdasarkan company profile saja mereka (masyarakat) bisa memilih produk atau layanan yang sedang perusahaan tawarkan.

3. Menunjukkan Keunikan Karakter Perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan dalam fungsi profil perusahaan poin kesatu, setiap perusahaan memiliki brand story-nya sendiri. Orisinalitas brand story ini bisa dibilang menjadi satu poin unik yang menarik bagi orang-orang di luar perusahaan. Jadi, hanya dengan memanfaatkan profil perusahaan, maka perusahaan juga bisa menggaet berbagai orang yang memiliki nilai sama atau serasi dengan perusahaan, mulai dari investor, partner, hingga pada para karyawan baru.

 

Baca Juga: Jangan Asal Buat! Berikut Adalah 6 Tahapan Membuat Website & Sistem Informasi Baru Yang Harus Kamu Ketahui

 

Manfaat Website Company Profile

Website untuk Company Profile memiliki banyak manfaat bagi perusahaan karena dapat mengembangkan bisnis dengan lebih efisien dan terjangkau.

Banyak sekali perusahaan yang membuat website Company Profile untuk bisa memperkenalkan perusahaan ke banyak orang.

Berikut beberapa poin manfaat website Company Profile:

1. Menjadi Sarana Promosi

Manfaat yang paling pertama memiliki website yakni menjadi sarana promosi bagi perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan.

Bisa dibilang website ini adalah promosi murah dan efektif, karena pada dasarnya membuat website sederhana itu biayanya terjangkau, bahkan jika Anda membuatnya sendiri.

Bisnis bisa mempergunakan website untuk mempromosikan produk atau kebijakan dari perusahaan dengan sangat mudah. Website bisa memaksimalkan promosi yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis, karena lebih banyak orang yang akan tahu promosi bisnis Anda.

2. Menggambarkan Perusahaan Anda

Manfaat yang kedua yakni menggambarkan perusahaan Anda dengan lebih baik, karena Anda bisa menyampaikan banyak hal di website.

Mulai dari gambaran umum perusahaan sampai dengan visi dan misi dari perusahaan bisa disampaikan di website. Anda bisa mengisi website Company Profile ini dengan beragam informasi seputar perusahaan, supaya pengunjung bisa mendapatkan gambaran yang lengkap dan valid.

3. Membangun Citra Perusahaan

Manfaat yang ketiga yakni bisa turut serta membangun citra perusahaan menjadi lebih baik di mata banyak orang. Citra perusahaan itu merupakan hal yang sangat penting untuk membantu perkembangan perusahaan atau juga bisnis.

Website sendiri sangat membantu perusahaan akan terlihat lebih profesional dan juga lebih kredibel bagi banyak orang. Anda mungkin bisa menugaskan tim marketing untuk mengelola website, supaya terlihat lebih baik dan mudah ditemukan.

Jadi nantinya citra perusahaan pun akan secara otomatis terbangun dengan lebih baik dengan adanya website yang terkelola dengan baik.

4. Sebagai Media Publikasi

Manfaat yang keempat yaitu untuk menjadi salah satu media publikasi perusahaan kepada masyarakat luas dengan koneksi internet.

Selain sosial media perusahaan bisa menggunakan website untuk mengabarkan berbagai pencapaian dan juga kebijakan perusahaan. Semakin sering Anda update informasi di website, maka akan membuat semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda.

5. Menjadi Jalur Komunikasi Dengan Pelanggan

Manfaat membuat website Company Profile lainnya, yaitu bisa menjadi salah satu jalur komunikasi dengan pelanggan yang merupakan hal penting pada perusahaan.

Pada website ada banyak fitur yang tersedia seperti komentar, saran dan juga live chat untuk berkomunikasi. Pelanggan jadi bisa berkomunikasi dengan Anda melalui semua fitur tersebut, dan hal ini sangat penting bagi perusahaan.

Input dari pelanggan sangat bisa membantu perusahaan untuk bisa berkembang dengan lebih baik dan menarik pasar lebih besar. Jadi website ini memang manfaatnya sangat besar dan sangat perlu dibuat oleh perusahaan demi tercapainya bisnis yang lebih besar.

6. Memperluas Target Pasar

Manfaat yang terakhir adalah meluaskan target pasar dari perusahaan yang tentunya akan meningkatkan skala dari perusahaan.

Website itu mampu menjangkau bahkan sampai ke luar negeri dengan sangat cepat, ini sangat berguna untuk memperluas jangkauan perusahaan. Tapi tentunya perlu dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar di luar negeri sebelum melakukan perluasan.

 

 

Sumber: softwareseni.co.id & gramedia.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Website & Sistem Informasi
Langkah Pembuatan & 8 Fitur yang Wajib Ada Pada Website Company Profile

Banyak pebisnis yang belum mengerti apa itu company profile dan pentingnya company profile pada sebuah perusahaan. Company profile merupakan info...

Ahlun Nazar
  • Apr 29, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Website & Sistem Informasi
10 Alasan Penting Mengapa Perusahaan Kamu Membutuhkan Company Profile!

Sebagaimana diketahui, perilaku konsumen mengalami perubahan seiring waktu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi di era digital. Berbe...

Ahlun Nazar
  • Apr 29, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Website & Sistem Informasi
Company Profile: Pengertian, Fungsi Penting & Manfaat Utama Bagi Perusahaan Kamu!

Di era modern seperti sekarang semuanya sudah dilakukan dengan metode digital, termasuk promosi digital untuk bisnis. Salah satu cara untuk promosi di...

Ahlun Nazar
  • Apr 29, 2024
  • 2 bulan yang lalu