Pekerjaan

Gak Mau Hari Kerja Pertama Menjadi Berantakan? Wajib Baca 8 Tips Penting Berikut ini !!!

  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content

Tahukah kamu memberikan kesan yang baik pada hari pertama kerja ternyata merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam berkarier lho. Karena kalau kamu bisa memberikan kesan pertama yang baik di hari pertama kerja, maka rekan kerjamu biasanya akan selalu bersikap baik dan bisa menerima kamu sepenuhnya.

Hari pertama kerja seringkali jadi momen yang bisa membuat kita dag-dig-dug. Sebab, kesan pertama akan membentuk reputasi kita ke depan di perusahaan tersebut. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tips hari pertama kerja yang sebaiknya dilakukan maupun dihindari.

Dengan begini, kamu bisa tahu apa saja yang perlu dilakukan sebagai cara memberikan impresi baik kepada rekan-rekan dan juga atasan.

Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk membuat dirimu merasa lebih nyaman bekerja, sehingga secara tidak langsung produktivitas kerja bisa meningkat.

Nah, sekarang kami akan spill ke kamu apa saja sih tips pertama kali masuk kerja. Disimak, ya!

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Memilih Pekerjaan Sampingan Terbaik 2024!

 

1. Pastikan Datang Tepat Waktu

Di hari pertama masuk kerja, sangat penting untuk kamu datang tepat waktu. Hal ini akan menumbuhkan kesan bahwa kamu adalah orang yang disiplin dan semangat untuk memulai pekerjaan.

Apapun sistem kerja yang diterapkan perusahaan tempat kamu bekerja, baik work from anywherework from home, atau work from office pastikan kamu tidak datang terlambat pada hari pertama kerja ya.

Jika kamu diharuskan bekerja secara online dari jarak jauh, pastikan kamu telah standby di Zoom, Google Hangout, atau aplikasi lain minimal 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan.

Karena hal ini bisa membuatmu memberikan kesan pertama yang baik kepada user serta rekan-rekan kerja.

Namun, jika kamu harus bekerja langsung di kantor, jangan lupa untuk datang minimal 30 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan ya. Bila perlu, agar kamu tidak terlambat dan terhindar dari kemacetan, kamu bisa berangkat 2-3 jam lebih awal dari jadwal yang ditentukan.

 

2. Gunakan pakaian yang tepat (Formal dan Rapi)

Meskipun terlihat sederhana, faktanya menggunakan pakaian yang tepat dan sesuai dengan budaya atau kebiasaan perusahaan di hari pertama kerja ternyata juga bisa bermanfaat untuk membantumu memberikan kesan pertama yang baik kepada rekan kerja yang lain lho.

Misalnya jika perusahaan tempat kamu bekerja bergerak di bidang kreatif, maka tidak ada salahnya kamu menggunakan pakaian yang semiformal. Sedangkan jika perusahaan tempat kamu bekerja bergerak pada bidang pelayanan publik, kamu harus menggunakan baju yang formal. 

Walau beberapa kantor memberikan kebebasan gaya berpakaian kepada para karyawannya, namun di hari pertama kerja usahakan untuk tetap menggunakan pakaian formal dan rapi.

Hal ini karena di hari pertama kerja biasanya kamu akan mengikuti serangkaian acara onboarding, di mana biasanya kamu akan berkenalan dengan orang-orang penting seperti bos atau klien.

Dengan menggunakan pakaian formal dan rapi, kamu bisa meninggalkan impresi yang baik dan menunjukkan kesopanan.

 

3. Beri salam dan kenalkan dirimu

Sering memberi salam dan mengenalkan diri kepada rekan kerja juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan dilakukan pada hari pertama kerja.

Karena hal ini juga bermanfaat untuk memberikan kesan pertama yang sangat baik dan memberikan kesan bahwa kamu merupakan orang yang ramah. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu tersenyum pada setiap orang yang kamu temui ya.

Hari pertama kerja juga merupakan kesempatan bagi kamu untuk memperkenalkan diri pada seluruh rekan kerja di kantor. Usahakan tetap percaya diri dan ramah, ya.

 

Baca Juga: 8 Kemampuan Penting Yang Wajib Kamu Kuasai Sebagai Pekerja Atau Pencari Kerja Pada 2024

 

4. Inisiatif Bertanya

Tips hari pertama kerja berikutnya adalah pastikan kamu tidak pasif bila ada sesuatu terkait pekerjaan yang masih kurang kamu pahami. Cobalah bertanya pada supervisi atau rekan kerja yang lainnya.

Gak perlu malu kok untuk banyak bertanya kepada atasan atau rekan kerja. Hal ini justru bisa memberikan kesan bahwa kamu memiliki keinginan belajar yang tinggi dan ingin menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Selain itu, banyak bertanya juga akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan kedepannya nanti. 

Bila perlu, kamu juga bisa mencatat semua jawaban dari atasan atau rekan kerja, sehingga kedepannya kamu tidak akan melakukan kesalahan.

 

5. Catat Hal-Hal Penting

Karena ini adalah first day kamu bergabung di perusahaan, tentunya kamu perlu melakukan penyesuaian diri dengan hal-hal baru. Pastinya akan ada banyak hal yang perlu kamu catat.

Mulai dari alur kerja, nomor-nomor penting, sampai juga peraturan perusahaan.

Nah, agar lebih mudah, kamu bisa mencatat hal-hal penting tersebut. Dengan mencatat, kamu dapat dengan mudah mengingat serta menghindari pengulangan penjelasan.

Selain itu, ketika kamu menanyakan hal-hal kecil yang sudah dijelaskan, ini justru akan meninggalkan impresi yang kurang baik dan kamu akan dianggap kurang tanggap serta kurang disiplin.

 

6. Jadilah Pendengar

Walau kamu merasa sudah mengetahui tentang bidang pekerjaanmu, tidak ada salahnya untuk mendengarkan penjelasan yang diberikan senior. Dengan mendengarkan artinya kamu menghormati mereka.

Hindari sok tahu, apalagi di depan karyawan senior. Hal ini akan membuat kamu dipandang negatif.

 

7. Manfaatkan Jam Makan Siang untuk Berbaur

Tips berikutnya yang perlu dilakukan di hari pertama kerja adalah kamu bisa mulai berbaur dengan rekan kerja barumu untuk sekedar makan siang bersama.

Mungkin ini akan menjadi momen canggung, tapi sekaligus waktu terbaik untuk mengakrabkan diri. Saat waktu makan siang, kamu bisa bertukar cerita dan berkenalan lebih dalam dengan para rekan kerja.

 

8. Laporkan Pekerjaanmu Kepada Atasan

Tips hari pertama kerja yang terakhir, apapun yang kamu kerjakan pastikan kamu melaporkannya kepada atasan untuk dicek.

Hal ini penting guna memastikan apakah kamu sudah menyelesaikannya dengan benar atau belum.

Hindari memberikan laporan pekerjaan pada saat ditanya, pastikan memang kamu yang berinisiatif melaporkannya.

Dengan begitu kamu akan dicap sebagai karyawan yang bisa diandalkan.

 

Baca Juga: Kasus PHK Semakin Banyak, Berikut Tips Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan Baru Di Tahun 2024!

 

Nah, dengan mengikuti beberapa tips hari pertama kerja di atas, kamu akan memberikan first impression yang baik kepada atasan atau rekan kerjamu.

 

Diterima kerja memang menjadi momen yang paling membahagiakan, maka tidak heran bahwa semua orang memimpikan hal ini.

Kamu bisa membaca artikel keren lainnya di website kami dengan mengunjungi MSSHRPay dan semuanya dapat kamu baca secara gratis lho!

 

 

Sumber: pijarmahir.id & kitalulus.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Pekerjaan
Mulai kurang semangat bekerja? Simak tips berikut agar tetap bahagia dan bersemangat dalam bekerja

Bekerja adalah sesuatu yang mayoritas dari kita lakukan meskipun hal itu tidak selalu menyenangkan. Entah itu karena jam kerja yang panjang, tugas-tug...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content
Pekerjaan
Tips mengurangi jam lembur dengan bekerja lebih efesien untuk wujudkan Work-Life Balance !!!

Karyawan yang memiliki produktivitas tinggi rahasianya bukanlah bekerja lebih lama, tapi melakukan kerja yang efektif dan efisien. Bekerja lebih la...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content
Pekerjaan
Gak Mau Hari Kerja Pertama Menjadi Berantakan? Wajib Baca 8 Tips Penting Berikut ini !!!

Tahukah kamu memberikan kesan yang baik pada hari pertama kerja ternyata merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam berkarier lho. Karena kala...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu