Pekerjaan

Mulai kurang semangat bekerja? Simak tips berikut agar tetap bahagia dan bersemangat dalam bekerja

  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content

Bekerja adalah sesuatu yang mayoritas dari kita lakukan meskipun hal itu tidak selalu menyenangkan. Entah itu karena jam kerja yang panjang, tugas-tugas yang melelahkan, atau hanya rutinitas yang berulang-ulang setiap hari, pekerjaan terkadang menjadi sesuatu yang harus kita lakukan, bukan yang ingin kita lakukan.

Namun, mengingat rata-rata orang akan menghabiskan 90.000 jam dalam seumur hidupnya di tempat kerja, maka masuk akal untuk mencoba menikmatinya selagi kita bisa.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan agar lebih merasa bahagia di tempat kerja dan mengurangi stres?

Jika saat ini Anda merasa kehilangan gairah dan semangat dalam bekerja, cobalah jalankan tips di bawah ini supaya tetap produktif dan lebih bahagia.

 

Baca Juga: Tips Mengurangi Jam Lembur Dengan Bekerja Lebih Efesien Untuk Wujudkan Work-Life Balance !!!

 

1. Cari Akar Masalahnya

Jika Anda kesulitan untuk tetap positif, inilah saatnya bertanya pada diri sendiri mengapa. Mungkin Anda tidak lagi merasa tertantang di tempat kerja, atau kurangnya peluang promosi.

Mungkin kepercayaan diri Anda terkikis oleh kondisi pandemi atau merasa seolah-olah ada kekurangan umpan balik yang membangun di perusahaan.

Mungkin sulit untuk menentukan penyebab pasti dari rendahnya semangat kerja Anda. Jika demikian, cobalah untuk menggali akar permasalahan dan menemukan solusi untuk kondisi tersebut.

 

2. Pelajari Sesuatu yang Baru

Apakah rutinitas harian Anda bisa diprediksi? Alih-alih berkonsentrasi untuk mencapai tujuan Anda, apakah Anda akhirnya merasa bosan, menunda-nunda, dan menyerah?

Disadari atau tidak kebiasaan ini membuat Anda tidak menjadi produktif dan semakin menjauhkan Anda dari tujuan karier.

Keluarlah dari zona nyaman Anda dengan mengambil peran baru dalam perusahaan. Mungkin Anda dapat menawarkan untuk membantu rekan kerja melakukan pekerjaan yang berbeda, atau meluangkan untuk mempelajari keterampilan baru.

Beri tahu manajer Anda bahwa Anda sedang mencari tantangan baru, dan tanyakan kepada departemen SDM tentang peluang pelatihan dan pengembangan.

Penting untuk tetap tertantang di tempat kerja dan mendorong diri sendiri untuk mencoba hal-hal baru. Jika tidak, keterampilan dan pengetahuan Anda mungkin mulai mandek, dan Anda bahkan mungkin mulai dilewatkan ketika tanggung jawab baru ada.

 

3. Interaksi dengan orang lain

Jika kamu mencoba berbagai kuisioner tentang skala kebahagiaan, sebagian besar pasti menempatkan berinteraksi dengan orang lain dalam urutan teratas daftar ini.

Selama pandemi, banyak orang yang merasa mentalnya terganggu karena kurangnya kontak sosial. Sejatinya, dukungan yang baik dari teman dan keluarga dapat meminimalkan masalah pekerjaan dan membantumu melihat segala sesuatunya dari sisi yang berbeda.

Ada baiknya juga untuk mengenal rekan kerjamu. Semakin banyak investasimu dalam hubungan di tempat kerja, maka kamu akan merasa lebih menikmati hari-harimu.

Membantu rekan kerja dan orang lain dalam hidupmu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memberimu rasa memiliki tujuan yang sangat penting untuk kesejahteraan dan kepuasan diri.

 

Baca Juga: Gak Mau Hari Kerja Pertama Menjadi Berantakan? Wajib Baca 8 Tips Penting Berikut Ini !!!

 

4. Be active

Melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya memang tidak akan membuat masalah atau stres kita hilang, tetapi akan mengurangi intensitas emosional dan memberikan ruang bagi mental kita untuk memecahkan masalah serta membuat kita tetap bugar secara fisik.

Banyak penelitian yang menunjukkan manfaat positif dari olahraga. Jadi, mengapa kita tidak mengisi hari kerja kita dengan melakukan aktivitas fisik?

Berjalan kaki dari dan ke tempat kerja adalah cara yang bagus untuk menciptakan jeda dari hari kerja. Jika tidak memungkinkan melakukannya, kita bisa coba turun dari bus lebih awal, membuat waktu makan siang kita lebih aktif, atau mungkin mengikuti kelas olahraga sebelum mulai bekerja.

 

5. Hindari kebiasaan yang tidak sehat

Mengingat apa yang kita ketahui tentang konsekuensi jangka panjangnya, menggunakan alkohol, kopi serta merokok secara berlebihan sebagai strategi mengatasi stres kerja justru akan memberikan dampak negatif pada kebahagiaan, bahkan jika hal tersebut terlihat seperti memberikan semangat yang cepat.

 

6. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih lama

Buat skala prioritas atas beban kerja kamu selama jam kerja, sehingga kamu akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Sadarilah bahwa agenda kerja kamu akan selalu penuh, jadi berkonsentrasilah pada hal-hal yang penting terlebih dahulu.

Semakin kamu bisa mengendalikan kehidupan kerjamu dan mendapatkan keseimbangan yang kamu butuhkan, semakin besar kemungkinan kamu akan lebih bahagia di tempat kerja.

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Memilih Pekerjaan Sampingan Terbaik 2024!

 

Jadi itulah beberapa tips agar dapat meningkatkan semangat kamu dalam bekerja serta merasa bahagia dalam bekerja. Jika Anda tertarik membaca artikel serperti ini, silahkan kunjungi website MSSHRPay untuk menemukan lebih banyak artikel yang dapat kamu akses secara gratis lho!

 

 

Sumber: theconversation.com & sidaktradisi.jogjaprov.go.id


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Pekerjaan
Mulai kurang semangat bekerja? Simak tips berikut agar tetap bahagia dan bersemangat dalam bekerja

Bekerja adalah sesuatu yang mayoritas dari kita lakukan meskipun hal itu tidak selalu menyenangkan. Entah itu karena jam kerja yang panjang, tugas-tug...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content
Pekerjaan
Tips mengurangi jam lembur dengan bekerja lebih efesien untuk wujudkan Work-Life Balance !!!

Karyawan yang memiliki produktivitas tinggi rahasianya bukanlah bekerja lebih lama, tapi melakukan kerja yang efektif dan efisien. Bekerja lebih la...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content
Pekerjaan
Gak Mau Hari Kerja Pertama Menjadi Berantakan? Wajib Baca 8 Tips Penting Berikut ini !!!

Tahukah kamu memberikan kesan yang baik pada hari pertama kerja ternyata merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam berkarier lho. Karena kala...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu