Pekerjaan

Tips mengurangi jam lembur dengan bekerja lebih efesien untuk wujudkan Work-Life Balance !!!

  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content

Karyawan yang memiliki produktivitas tinggi rahasianya bukanlah bekerja lebih lama, tapi melakukan kerja yang efektif dan efisien.

Bekerja lebih lama tidak menjamin kita akan lebih produktif. Pasalnya, bekerja lebih lama malah bisa membuat kita kelelahan sehingga hasil kerja kurang maksimal.

Itulah mengapa kerja cerdas lebih baik daripada kerja keras. Dengan bekerja lebih cerdas pasti kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien.

Sebagai pekerja profesional, Anda juga membutuhkan efisiensi kerja yang baik untuk menunjang karir dan kehidupan personal Anda.

Baik bekerja dari rumah, kantor, atau pun di antara keduanya, efisiensi tinggi bisa membuat pekerjaan yang dilakukan lebih cepat, tepat, dan membantu mewujudkan work-life balance.

Lantas seperti apa cara kerja yang efektif guna mewujudkan work-life balance? Jangan bingung, karena kali ini kita akan memberikan beberapa tipsnya untukmu.

 

Baca Juga: Gak Mau Hari Kerja Pertama Menjadi Berantakan? Wajib Baca 8 Tips Penting Berikut Ini !!!

 

1. Time Management

Jika Anda sering dihadapkan dengan pekerjaan yang menumpuk dan merasa overwhelmed dengan tugas yang harus diselesaikan, Anda bisa mencoba memperbaiki time management Anda.

Time management yang efektif dapat membuat pekerjaan Anda lebih terorganisir dan efisien. Caranya dengan membagi kegiatan sehari-hari ke dalam potongan-potongan atau chunking, dan mengeksekusinya di waktu yang tepat dan sesuai dengan level energi yang Anda miliki.

Sebagai contoh, saat Anda melakukan chunking, letakkan kewajiban-kewajiban seperti membalas email, follow up dokumen, atau rapat di pagi hari saat Anda masih fresh.

Dengan time management yang disesuaikan, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat.

Mencoba konsisten dengan waktu kerja memang mudah diucapkan, tapi cukup sulit untuk dilakukan.

Padahal, jika kamu dapat melakukan hal yang satu ini pasti kamu tidak akan lembur dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien. 

Konsisten dengan waktu kerja bukan hanya sekadar bisa pulang ke rumah tepat waktu. Namun bagaimana cara kita mengatur waktu bekerja sehingga tugas bisa diselesaikan dengan tuntas. 

Menyelesaikan pekerjaan dengan konsisten tidak hanya menunjukkan bahwa kita bisa kerja lebih efektif dan efisien, tapi juga menonjolkan ntergitas yang dimiliki.

Pasalnya, konsisten dengan waktu kerja juga memerlukan disiplin dan fokus yang tinggi. 

 

2. Hilangkan Distraksi

Tahukah Anda bahwa 75% pekerja di Amerika Serikat merasa terdistraksi oleh notifikasi digital dari smartphone mereka saat jam kerja?

Menurut peneliti UGM, distraksi mengacu pada gangguan yang datang dari media dan terjadi ketika seseorang tengah mengakses informasi, khususnya melalui internet.

Bekerja dengan komputer dan jaringan internet membuat seseorang lebih sering terdistraksi. Selalu ada godaan untuk membuka akun instagram, scrolling TikTok, atau sekedar menonton video iklan di YouTube.

Memang tidak mudah untuk menjauhi distraksi, tapi kamu harus ingat bahwa jika membiarkan diri untuk terus terdistraksi maka bisa membuatmu bekerja lebih lama.

Karena itu, sebisa mungkin untuk menjauh dari distraksi dan berusaha untuk tetap fokus menyelesaikan pekerjaan.

Jika kamu merasa jenuh, sebaiknya ambil istirahat sebentar dengan berjalan kaki atau melakukan olahraga ringan. Setelah itu, coba kembali fokus dan lanjutkan bekerja.

 

3. Hindari multitasking

 

Banyak orang berpikir bahwa dengan melakukan multitasking, maka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Padahal menurut Inc, otak manusia akan mengalami kesulitan saat harus melakukan banyak tugas sekaligus.

Dengan mencoba menyelesaikan pekerjaan sekaligus kamu tidak akan bisa bekerja dengan fokus dan meningkatkan risiko melakukan banyak kesalahan.

Meskipun kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus, tapi jika hasilnya kurang maksimal tentu saja akan sangat disayangkan.

Jadi meskipun ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, sebaiknya hindari multitasking. Cobalah kerjakan tugasmu satu per satu agar bisa lebih fokus sehingga hasil kerja pun lebih maksimal.

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Memilih Pekerjaan Sampingan Terbaik 2024!

 

4. Temukan cara kerja yang membuatmu nyaman

Kamu juga bisa kerja lebih efektif dan efisien jika sudah menemukan cara kerja yang membuatmu nyaman.

Terkadang bekerja di kantor tidak selalu bisa menyenangkan apalagi jika lingkungan kerja cukup toxic.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa berusaha untuk tetap produktif dan bekerja lebih efisien.

Kamu bisa mencoba cara kerja yang bisa membuatmu nyaman misalnya dengan menggunakan earphone dan mendengarkan musik.

Semakin kamu merasa nyaman dengan cara bekerjamu, tentu saja akan lebih mudah fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

5. Jaga komunikasi

Saat bekerja pastinya kita akan selalu berkolaborasi dengan orang lain. Itulah mengapa kemampuan komunikasi sangatlah dibutuhkan.

Dengan selalu menjaga komunikasi dengan atasan atau rekan kerja, pastinya kamu bisa menghindari adanya miskomunikasi.

Saat sering terjadi miskomunikasi pastinya akan lebih mudah melakukan kesalahan saat bekerja. Jadi, kamu pun akan sulit kerja dengan efektif.

Karena itu, kemampuan komunikasi sangat penting untuk menghindari hal tersebut.

Wrike menyebutkan, dengan menjaga komunikasi maka akan lebih mudah dalam menerima instruksi sehingga menghindari kesalahan dalam mengerjakan tugas.

 

6. Menentukan Tujuan yang Realistis

Menentukan tujuan di awal dapat membantu seseorang meraih kesuksesan. Sebab tanpa tujuan yang jelas, Anda akan kehilangan arah dan motivasi untuk melakukan pekerjaan.

Tujuan yang realistis juga diperlukan untuk membantu meningkatkan efisiensi kerja.

Dikutip dari artikel di Indeed.com, tujuan realistis adalah sesuatu yang dapat Anda raih dengan pikiran, tingkat motivasi, jangka waktu, skill dan kemampuan yang Anda miliki sekarang.

Tujuan yang realistis dapat membantu Anda menentukan apa yang ingin dan bisa Anda capai dalam hidup.

Untuk menentukan tujuan realistis, Anda dapat menggunakan pendekatan SMART yang terdiri dari: Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-based.

 

7. Istirahat yang Cukup

Merasa penat dan cepat hilang fokus bisa jadi tanda bahwa tubuh dan otak Anda sedang butuh istirahat. Memenuhi tugas sesuai deadline memang penting, namun kesehatan tubuh dan mental Anda jauh lebih berharga.

Overworking atau terlalu banyak bekerja merupakan permasalahan serius yang harus dihindari. Dilansir dari BBC.com, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja di atas 54 jam seminggu memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Overworking juga tidak efektif karena dengan kondisi tubuh dan mental yang tidak optimal, produktivitas kerja akan menurun.

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan efisiensi kerja karena dengan kondisi tubuh yang bugar, kemampuan untuk fokus akan meningkat.

 

Baca Juga: 8 Kemampuan Penting Yang Wajib Kamu Kuasai Sebagai Pekerja Atau Pencari Kerja Pada 2024

 

Beberapa tips tadi dapat Anda coba untuk meningkatkan efisiensi kerja. Hal tersebut tidak hanya berdampak pada produktivitas Anda di tempat kerja, namun juga akan mempengaruhi kualitas kehidupan Anda.

Semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk bekerja, maka Anda akan punya semakin banyak quality time untuk diri sendiri dan juga keluarga. Dengan begitu, Anda dapat mewujudkan work-life balance yang ideal.

Jika Anda tertarik membaca artikel serperti ini, silahkan kunjungi website MSSHRPay untuk menemukan lebih banyak artikel yang dapat kamu akses secara gratis lho!

 

 

Sumber: manulife.co.id & glints.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Pekerjaan
Mulai kurang semangat bekerja? Simak tips berikut agar tetap bahagia dan bersemangat dalam bekerja

Bekerja adalah sesuatu yang mayoritas dari kita lakukan meskipun hal itu tidak selalu menyenangkan. Entah itu karena jam kerja yang panjang, tugas-tug...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content
Pekerjaan
Tips mengurangi jam lembur dengan bekerja lebih efesien untuk wujudkan Work-Life Balance !!!

Karyawan yang memiliki produktivitas tinggi rahasianya bukanlah bekerja lebih lama, tapi melakukan kerja yang efektif dan efisien. Bekerja lebih la...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu
image-content
Pekerjaan
Gak Mau Hari Kerja Pertama Menjadi Berantakan? Wajib Baca 8 Tips Penting Berikut ini !!!

Tahukah kamu memberikan kesan yang baik pada hari pertama kerja ternyata merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam berkarier lho. Karena kala...

Ahlun Nazar
  • Jun 24, 2024
  • 1 minggu yang lalu