Perusahaan

Mengapa Human Resource Sangat Penting Bagi Perusahaan? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

  • Nov 15, 2023
  • 7 bulan yang lalu
image-content

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan tentunya memiliki sumber daya manusia yang berkualitas akan membantu dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Salah satu divisi atau role yang memiliki peran dalam menangani pengembangan kualitas dari sumber daya manusia pada sebuah perusahaan atau organisasi adalah HR atau Human Resources bagian dari manajemen sumber daya manusia.

Mari mengenal lebih jauh apa itu HR dan bagaimana tanggung jawab serta proses kerja yang dilakukan.

 

Baca Juga: Pernah Dengar Tentang HRD? Berikut Penjelasan Tentang HRD Dan 7 Tugas Pokoknya Yang Harus Kamu Ketahui!

 

Apa itu HR (Human Resources) ?

Departemen Sumber Daya Manusia atau HR adalah divisi yang bertugas untuk mengelola salah satu aset berharga dalam suatu perusahaan atau organisasi yaitu karyawan.

HR memastikan bahwa karyawan memiliki hal-hal yang diperlukan oleh perusahaan melalui tanggung jawab yang dikerjakan sehari-hari serta membantu dalam penyediaan kebutuhan karyawan untuk menciptakan budaya kerja yang sehat dan sesuai.

Salah satu tujuan dari keberadaan divisi HR dalam suatu perusahaan adalah untuk menjaga bahwa perusahaan tetap pada jalurnya untuk terus bertumbuh dan berkembang. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan oleh divisi HR seperti pelatihan, training hingga orientasi.

 

Pentingnya HR dalam Perusahaan

Salah satu alasan dari divisi HR adalah untuk membantu perusahaan dalam menghadapi lingkungan bisnis yang terus berubah agar cepat beradaptasi melalui penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu ada beberapa manfaat dari divisi ini seperti :

  • Membantu mendukung dalam perencanaan karir karyawan
  • Menciptakan budaya kerja yang sesuai dengan tujuan perusahaan
  • Membantu dalam pengambilan keputusan bagi karyawan
  • Meningkatkan partisipasi karyawan kepada tujuan perusahaan

 

Baca Juga: Berganti-Ganti Pekerjaan Atau Perusahaan Tidak Buruk Juga Loh, Simak Alasan-Alasannya Yuk!

 

Tugas dan Tanggung Jawab HR

Salah satu cara untuk lebih memahami Apa itu HR adalah dengan mengetahui tugas dan tanggung jawab apa yang dikerjakan oleh divisi tersebut.

Secara umum, tugas HR adalah untuk membantu dalam peningkatan kualitas karyawan baik itu dalam segi keterampilan hingga proses kerja. Namun, berikut adalah aktivitas utama yang menjadi fungsi dan tanggung jawab HR:

  1. Mengelola sumber daya manusia perusahaan
  2. Merekrut dan menyeleksi calon karyawan
  3. Memberikan penilaian kinerja bagi karyawan
  4. Mengembangkan kompetensi tiap individu yang ada
  5. Mendukung dalam perencanaan dan pengelolaan karir karyawan
  6. Merancang pengembangan organisasi untuk efektivitas kinerja

 

Tipe-tipe HR

Jika kita membahas lebih jauh tentang fungsi dan tugas seorang HR, ternyata kita dapat membaginya dalam beberapa kategori yang lebih spesifik.

Beberapa perusahaan pun membagi peran atau role HR sesuai dengan jenisnya dibawah ini agar pelaksanaan tugasnya lebih maksimal dan efisien.

#1. Rekrutmen dan seleksi karyawan

Tugas utama untuk tipe HR ini tentunya adalah untuk mencari dan menemukan karyawan yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan perusahaan. Dalam prosesnya bukan sekedar calon karyawan yang berprestasi ataupun berpengalaman tapi juga calon karyawan yang memiliki nilai-nilai yang selaras dengan perusahaan.

#2. Compensation dan Benefit

Dalam hal ini, HR akan mengelola gaji hingga tunjangan dari masing-masing karyawan sesuai dengan peran dan posisinya. Tidak hanya terkait gaji saja, tetapi juga bonus, asuransi dan tunjangan lainnya

#3. Training Development

Salah satu tugas utama dari HR adalah untuk memberikan wadah bagi karyawan untuk terus berkembang dengan tujuan agar memberikan kontribusi optimal kepada perusahaan. Melalui tipe ini seorang HR bertanggung jawab dalam menyusun strategi dalam pengembangan kinerja setiap karyawan yang ada.

#4. Employee Relations

Selain pengoptimalan kemampuan dan keterampilan dari karyawan, terciptanya kondisi yang mendukung kesejahteraan karyawan pun menjadi penting. Karyawan yang merasa puas akan memberikan dampak positif baik secara kinerja atau pengaruh bagi sekitar.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendukung hal tersebut adalah dengan menyelenggarakan aktivitas menyenangkan dan mendukung produktivitas bagi karyawan.

Itulah Informasi mengenai apa itu HR, tanggung jawab, hingga tipe-tipenya yang dapat menjadi pertimbangan untuk kamu yang tertarik dan berminat meniti karir sebagai seorang HR atau telah menjadi HR di perusahaan.

 

Baca Juga: Benci Pekerjaan Kamu? Yuk Baca Ini!!

 

 

Sumber: arkademi.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Perusahaan
Ingin Omzet Perusahaan Anda Naik Derastis? Lakukan Tips Berikut ini

Omset penjualan adalah salah satu parameter kunci keberhasilan bisnis. Tingginya omset tidak hanya mencerminkan popularitas produk atau layanan, tetap...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 5 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Terapkan Gaya Kepemimpinan ini Jika Ingin Mengoptimalkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Anda

Kita semua pasti sepakat bukan bahwa karyawan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Performa kinerja mereka sangat berpengaruh terhadap ke...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 5 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Mau Buat Karyawan Kamu Bahagia Bekerja di Perusahaan? Lakukan Tips Berikut

Kebahagiaan karyawan merupakan aspek penting yang harus dijaga perusahaan. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika karyawan bah...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 5 hari yang lalu