Perusahaan

Rahasia Sukses Dalam Berkarir, Yuk Dimulai Dari Sekarang!

  • Aug 30, 2023
  • 10 bulan yang lalu
image-content

Di era serba digital seperti sekarang ini, tak hanya teknologi yang berkembang maju, namun persaingan dalam dunia kerja juga semakin tinggi. Maka dari itu, saat ini banyak sekali tips sukses berkarir dari berbagai tokoh atau para ahli di bidang profesional.

Jenjang karir adalah salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan dalam suatu pekerjaan. Apalagi, tak jarang di beberapa bidang tertentu, banyak orang merasa jika demand-nya menurun namun jumlah supply meningkat. Lalu, apa saja tips sukses berkarir? Simak artikel ini sampai habis ya!

 

Berikut adalah 12 tips sukses dalam berkarir:

1. Percaya Diri

Tips sukses berkarir yang pertama adalah percaya diri. Ketika Anda berhasil mengenali kemampuan serta potensi diri sendiri akan sangat membantu untuk bisa lebih yakin dan siap menghadapi setiap tantangan.

 

2. Disiplin

Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, menjalankan rutinitas secara teratur, serta menjaga konsistensi kualitas kerja merupakan tiga poin penting yang diperhatikan perusahaan. Maka dari itu, memiliki sikap disiplin akan membantu Anda dalam mencapai sukses berkarir.

 

3. Bangun Mindset Positif

Tips sukses karir selanjutnya adalah membangun mindset positif terhadap diri sendiri dan orang lain serta mencari sisi positif dari setiap masalah akan membantu Anda untuk terus bersemangat & optimis. Selain itu, memiliki harapan yang tinggi terhadap masa depan juga lebih termotivasi dalam meraih sukses karir.

 

4. Dapat Bekerjasama

Dalam suatu pekerjaan, pasti butuh koordinasi dengan orang lain baik itu sesama anggota tim atau rekan kerja dari divisi lainnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, penting halnya memiliki kemampuan bekerjasama agar setiap tugas terselesaikan dan Anda juga akan mampu bekerja dalam beragam jenis lingkungan kerja.

 

5. Menyukai Tantangan

Salah satu faktor yang membantu Anda memiliki kesempatan baik dalam meningkatkan jenjang karir adalah sikap menyukai tantangan. Biasanya, perusahaan menyukai orang dengan karakter terbuka atas setiap tantangan maupun perubahan, karena orang-orang tersebut dianggap tangguh dan tidak mudah menyerah ketika ada kesulitan.

 

6. Memiliki Tujuan yang Jelas

Tips sukses berkarir selanjutnya yaitu memiliki tujuan jelas dalam karir. Hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih fokus dan terorganisir dalam bekerja sekaligus memudahkan dalam menentukan strategi karir serta langkah apa saja yang harus diambil agar goal bisa tercapai.

 

7. Fokus pada Kebiasaan Baik

Membangun kebiasaan baik, menghindari kebiasaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain, dan selalu berusaha meningkatkan diri akan membantu Anda untuk lebih mudah meraih keberhasilan.  Sehingga, menjaga kebiasaan-kebiasaan baik dalam berkarir menjadi salah satu tips kerja yang tidak boleh dianggap sepele.

 

8. Bangun Relasi

Salah satu tips sukses karir yang paling sering dibicarakan para tokoh ternama adalah membangun relasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hubungan positif tersebut untuk bisa saling berbagi pengalaman, strategi karir, hingga kesempatan dan peluang baru.

 

9. Punya Banyak Ide dan Berani Berpendapat

Salah satu tips bekerja untuk meningkatkan jenjang karir adalah memiliki banyak ide sekaligus berani menyampaikan pendapat tersebut. Sebab, tak jarang perusahaan sangat mengutamakan sikap kreatif dan inovatif dari pekerjanya supaya dapat memberikan solusi serta strategi terbaik demi mencapai keberhasilan bersama.

 

10. Mau Belajar dari Kesalahan

Setiap orang pasti pernah berbuat salah atau mengalami kegagalan, namun jika bisa menerima dan belajar dari kesalahan tersebut akan membantu Anda meraih sukses karir. Oleh karena itu, jangan malu atau takut untuk mengakui kesalahan karena Anda bisa belajar banyak hal dari sana.

 

11. Fokus pada Hal yang Bisa Dikontrol

Memfokuskan perhatian pada hal-hal yang bisa dikontrol dan tidak terlalu memperhatikan hal-hal diluar kontrol diri akan membantu Anda untuk lebih mudah mencapai keberhasilan.

 

12. Bersyukur dan Cintai Diri Sendiri

Tips sukses meraih karir cemerlang yang terakhir adalah memiliki rasa syukur dan mencintai diri sendiri atas segala kelebihan, kekurangan, sekaligus setiap progress selama bekerja. Selain itu, bersyukur serta cintai diri sendiri juga akan membantu Anda merasa lebih nyaman dengan diri sendiri & lebih termotivasi untuk memberikan hasil terbaik dalam bekerja.

 

Sumber: futureskills.id

 


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Perusahaan
Ingin Omzet Perusahaan Anda Naik Derastis? Lakukan Tips Berikut ini

Omset penjualan adalah salah satu parameter kunci keberhasilan bisnis. Tingginya omset tidak hanya mencerminkan popularitas produk atau layanan, tetap...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Terapkan Gaya Kepemimpinan ini Jika Ingin Mengoptimalkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Anda

Kita semua pasti sepakat bukan bahwa karyawan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Performa kinerja mereka sangat berpengaruh terhadap ke...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Mau Buat Karyawan Kamu Bahagia Bekerja di Perusahaan? Lakukan Tips Berikut

Kebahagiaan karyawan merupakan aspek penting yang harus dijaga perusahaan. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika karyawan bah...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu