Absensi

Keunggulan Utama Aplikasi Absensi Online Karyawan Berbasis Web dan Mobile

  • Feb 5, 2024
  • 4 bulan yang lalu
image-content

Saat ini aplikasi absensi semakin banyak banyak yang menawarkan beberapa keunggulan utama. Namun ada yang perlu kita perhatikan seperti basis dari aplikasinya dari web atau mobile, karena dua basis ini memiliki keunggulannya masing-masing. Nah kali ini kita akan coba membahas keunggulan utama dari kedua basis itu pada aplikasi absensi online karyawan AbzTrak dari MSSHRPAY.

 

Keunggulan Aplikasi Absensi Berbasis Web

1. Waktu Pencatatan yang akurat

Kebanyakan smartphone saat ini sudah menggunakan sistem waktu otomatis mengikuti waktu internet. Yang membuat pencatatan dari web ini akan menggunakan waktu yang tersinkron dengan internet. Sehingga tidak perlu mencocokan jam, hanya perlu mencocokan waktu antara smartphone dan internet saja.

Hanya saja ini memiliki kekurangan, apabila karyawan ingin berbuat curang dengan mengubah waktu yang tertera di smartphone. Jadi tetap harus ada pengawasan dan pemeriksaan terhadap karyawan yang terlihat curang.

2. Lebih efektif dari segi penggunaan

Kalau kita masih menggunakan fingerprint, sering terjadi adaya antrian yang panjang. Yang sering mengganggu operasional perusahaan. Berbeda dengan penggunaan absensi online. Dengan mengakses absensi di smartphone-nya masing masing. Saat tiba di kantor mereka hanya perlu mengakses web browser mereka dan absen melalui smartphone mereka masing –masing.

 

Baca Juga: Catat! Berikut Penjelasan Pentingnya Penggunaan Aplikasi Absensi Online Karyawan Berbasis Web Dan Mobile

 

3. Penghematan biaya untuk perusahaan

Banyak perusahaan yang menganggap penggunaan aplikasi absensi online akan menghabiskan dana simpanan mereka tapi nyatanya berbeda. Jika masih menggunakan absensi offline seperti fingerprint selain menguras waktu dan mengganggu di jam operasional. Bisa saja kesempatan – kesempatan perusahaan untuk berkembang terlewatkan. Tapi dengan aplikasi ini hanya perlu menyediakan biaya berlangganan dan layanan internet setiap bulan. Dan karyawan juga bisa menggunakan internet yang di sediakan kantor untuk absensi.

4. Rekapitulasi data yang lebih cepat

Kehadiran karyawan cukup merepotkan bagi tim HR untuk merekap ulang semua ansensi karyawan. Selain merepotkan juga akan membutuhkan waktu yang lama untuk merekapnya. Hal ini akan jadi lebih ringan dengan menggunakan aplikasi absensi online. Karena hanya perlu beberapa klik dan mengeksport file rekap saja.

5. Meningkatkan produktivitas karyawan

Dengan aplikasi absensi juga akan memudahkan kinerja karyawan. Dengan aplikasi absensi pengajuan izin maupun cuti akan dipermudah. Karyawan hanya butuh pengajuan izin/cuti melalui aplikasi dan akan di proses oleh tim HRD. Sehingga karyawan tidak lagi disulitkan dengan pengajuan yang harus menunggu persetujuan atasan, apalagi apabila atasan yang bersangkutan tidak masuk. Yang membuat karyawan harus menunggu. Dan menunda pekerjaannya hanya sekedar untuk meminta persetujuan saja.

 

Baca Juga: Aplikasi Abztrak Sebagai Solusi Terbaik Absensi Online Karyawan Perusahaan Kamu Di Tahun 2024!

 

Keunggulan Aplikasi Absensi Berbasis Mobile

1. Keakuran Data dan Juga Real Time

Penggunaan aplikasi absensi online berbasis mobile ini lebih akurat dalam pencatatan waktunya. Apalagi apabila aplikasi ini menyambung langsung dengan waktu cloud server langsung tanya harus ada sinkron ke waktu yang di gunakan smartphone seperti yang ada di aplikasi AbzTrak. Ini akan mengurangi kecurangan – kecurangan yang dilakukan karyawan.

2. Aplikasi Yang Lebih Efisien

Aplikasi absensi online berbasis mobile juga akan menyediakan berbagai fitur seperti face recognition, pengajuan izin/cuti, bahkan sampai penyampaian laporan keatasan. Yang membantu kinerja karyawan juga bisa ada di aplikasi mobile ini juga. Sehingga kinerja karyawan juga semakin efisien dan efektif.

3. Fleksibel dan juga aman

Selain keakuratannya apliaksi absensi online berbasis mobile juga dapat mengatur jam kerja karyawan. Bagi karyawan yang memiliki kinerja dengan jam yang tinggi. Sehingga karyawan tetap bisa kinerja semaksimalnya dan laporan absensipun tidak tertinggal. Seperti aplikasi AbzTrak yang dapat mengatur jam kerja karyawan sefleksibel mungkin. Sesuai yang diinginkan perusahaan.

4. Meningkatkan Produktivitas

Mengawasi jam kerja karyawan adalah hal yang sangat melelahkan, apalagi ditambah dengan laporan mengenai jam kerja karyawan. Jika masih dilkakukan manual akan sangat memakan waktu yang lama. Namun dengan aplikasi absensi online ini akan mempermudah kinerja tim HRD dan pengolahan waktu yang tadinya digunakan untuk mengawasi dan membuat laporan dapat di tinggalkan dan di ubah untuk mengerjakan yang lain.

 

Baca Juga: HR Perlu Tahu! Ini Dia 5 Kekurangan Aplikasi Absensi Karyawan Secara Manual

 

Pada dasarnya aplikasi absensi akan memudahkan dan akan mendapatkan data yang akurat mau itu berbasis web ataupun mobile. Dan tergantung perusahaan akan menggunakan yang mana. Tapi tiap aplikasi absensi online juga ajan menawarkan berbagai fitur yang memudahkan kinerja dari tim HRD sampai tim Sales. Untuk informasi aplikasi absensi online yang kamu butuhkan bisa hubungi msshrpay.com.

 

 

Sumber: dorandev.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Absensi
Penerapan Pola Kerja pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Penerapan pola kerja dalam aplikasi absensi online karyawan AbzTrak melibatkan beberapa langkah dan fitur yang dirancang untuk memudahkan manajemen ab...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Analisis dan Pelaporan Data pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Analisis dan pelaporan data apda absensi karyawan sangat diperlukan perusahaan untuk melakukan evaluasi tehadap kedisiplinan dan produktifitas karyawa...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Absensi Karyawan Online VS Manual. Yakin, masih menggunakan absensi manual setelah baca ini?

Hal pertama yang dilakukan karyawan saat tiba di kantor adalah mencatatkan kehadirannya dalam sistem absensi. Perusahaan menggunakan berbagai macam...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu