Absensi

HR Perlu Tahu! Ini Dia 5 Kekurangan Aplikasi Absensi Karyawan Secara Manual

  • Jan 8, 2024
  • 5 bulan yang lalu
image-content

Walaupun tidak banyak, namun masih ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan aplikasi absen manual dikarenakan tidak ingin dicurangi atau dimanipulasi. Padahal faktanya, karyawan masih bisa mencurangi aplikasi absen manual. 

Umumnya perusahaan yang masih menggunakan aplikasi absen manual masih menganggap bahwa aplikasi absen manual adalah cara efektif untuk memonitor absensi kehadiran karyawan dan harganya lebih murah. Faktanya aplikasi absen manual justru lebih boros biaya serta bukanlah cara yang efektif untuk absensi karyawan.

 

Baca Juga: Karyawan Perusahaan Kamu Sering Terlambat Absensi Online? Ini Dia 7 Tips Terbaik Untuk Mengatasinya!

 

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui alasan utama untuk beralih menggunakan aplikasi absensi manual kepada aplikasi absensi online yaitu:

  • Tidak Ramah Lingkungan
  • Boros Waktu dan Biaya
  • Perhitungan Rekap Absensi Tidak Akurat
  • Proses Perhitungan Gaji Yang Tidak Akurat
  • Rawan Kecurangan

Saat ini beberapa perusahaan, baik perusahaan nasional dan internasional, sudah beralih dari absensi manual dengan menggunakan software absensi atau sistem absensi. Terdapat beberapa alasan yang mengapa perusahaan tersebut memilih untuk beralih dan tidak lagi menggunakan aplikasi absen manual, yaitu:

1. Tidak Ramah Lingkungan.

Kebanyakan perusahaan yang menggunakan sistem absensi manual akan menggunakan kertas absensi untuk mencatat waktu kehadiran karyawan.

Setelah kertas terisi penuh, baik dalam hitungan mingguan ataupun bulanan, HRD baru akan merekapnya dan mencetak lembar yang baru. Tentunya hal ini sangat tidak ramah lingkungan karena HRD perlu mencetak berlembar-lembar kartu absensi untuk karyawan tiap minggunya. 

2. Boros Waktu Dan Biaya.

Mencetak kertas dalam jumlah banyak ataupun menggunakan mesin fingerprint sangatlah memakan biaya dan boros waktu.

Mesin fingerprint seringkali mengalami kendala seperti sulit membaca sidik jari dan waktu untuk verifikasi yang cukup lama. Belum lagi, biaya operasionalnya cukup tinggi untuk perawatannya. Selain itu sistem rekapan absensi manual pun memakan banyak waktu yang cukup lama bagi HRD. 

 

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Kamu Perlu Beralih Ke Aplikasi Absensi Online

 

3. Perhitungan Rekap Absensi Tidak Akurat.

Salah satu kendala yang akan dialami oleh HR yang masih menggunakan mesin absensi manual adalah perekapan absensi karyawan yang memakan waktu lama serta rawan kesalahan rekap absensi. Belum lagi HRD perlu menyimpan berkas-berkas dalam jumlah banyak serta memakan banyak tempat.

Tentunya hal ini tidak efektif bagi HRD dalam menyimpan dokumen serta mengolah dokumen. 

4. Proses Perhitungan Gaji Lebih Lama.

Fungsi utama dari melakukan rekapan absensi adalah untuk mempermudah perhitungan payroll karyawan berdasarkan absensi kehadirannya.

Namun bagaimana kalau HRD masih menggunakan absensi manual dan perhitungan payroll pun masih manual?

Tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga serta sangat rawan kecurangan ataupun salah hitung. Beberapa kasus HRD salah menghitung gaji karyawan atau salah melakukan transfer gaji sudah cukup sering terjadi dan hal ini terjadi akibat perusahaan tidak menggunakan fitur payroll online dan absensi online. 

5. Rawan Kecurangan.

 

Kata siapa karyawan tidak bisa mencurangi mesin absensi manual? Karyawan justru bisa dengan mudah mencurangi mesin absensi manual dengan berbagai macam cara.

Misalnya dengan memalsukan tanda tangan, menitipkan kertas absensi kepada karyawan yang datang lebih dulu ke kantor atau mengubah settingan waktu pada mesin fingerprint agar tidak terhitung terlambat. 

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda juga beralih menggunakan aplikasi absensi online.

 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Berikut Adalah 5 Tips Memilih Aplikasi Absensi Online Terbaik Untuk Perusahaan Kamu

 

Saat ini sudah banyak aplikasi absensi online yang dapat memudahkan kinerja HRD menjadi lebih efisien dan lebih hemat waktu. Berbagai fitur-fitur yang ditawarkan oleh sistem aplikasi absensi online dapat menunjang kinerja karyawan serta HRD. 

Salah satu pilihan untuk aplikasi absensi online yang direkomendasikan saat ini adalah Abztrack. Aplikasi Appsensi memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan absensi perusahaan. Abztrack sudah dilengkapi dengan fitur Geotagging dan Cloud yang dapat mengamankan data serta tidak mudah untuk dimanipulasi oleh karyawan. 

 

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda ingin mencoba aplikasi absensi dari Abztrak? Apabila iya, Anda bisa mengetahui lebih tahu mengenai fitur-fitur serta testimonial aplikasi ini dengan mengunjungi website resmi Abztrak di msshrpay.com

Mulai dari Fitur Absensi Online,Tracking Lokasi, Pengajuan Izin dan Cuti Online, Pengajuan & Perhitungan Jam Lembur, Penentuan Radius Lokasi Absensi, Penerapan Pola Kerja dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Abztrak? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Abztrak. 


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Absensi
Penerapan Pola Kerja pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Penerapan pola kerja dalam aplikasi absensi online karyawan AbzTrak melibatkan beberapa langkah dan fitur yang dirancang untuk memudahkan manajemen ab...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Analisis dan Pelaporan Data pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Analisis dan pelaporan data apda absensi karyawan sangat diperlukan perusahaan untuk melakukan evaluasi tehadap kedisiplinan dan produktifitas karyawa...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Absensi Karyawan Online VS Manual. Yakin, masih menggunakan absensi manual setelah baca ini?

Hal pertama yang dilakukan karyawan saat tiba di kantor adalah mencatatkan kehadirannya dalam sistem absensi. Perusahaan menggunakan berbagai macam...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu