Absensi

Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Kamu Perlu Beralih ke Aplikasi Absensi Online

  • Oct 9, 2023
  • 8 bulan yang lalu
image-content

Kehadiran karyawan di tempat kerja merupakan suatu hal yang biasa pada saat dunia kerja setuju bahwa bekerja haruslah berada di kantor. Namun, kini semuanya berubah. Ditambah lagi dengan berbagai aplikasi teknologi yang mendukung pekerja remote. Salah satunya adalah absensi online.

Seringkali presensi seorang pekerja di kantor akan dihubungkan dengan tingkat kinerja nya. Semakin datang tepat waktu serta secara fisik hadir dan menyelesaikan seluruh pekerjaannya akan dianggap memiliki kemampuan yang baik untuk menyelesaikan seluruh tanggung jawabnya.

 

Baca Juga: Karyawan Perusahaan Kamu Sering Terlambat Absensi Online? Ini Dia 7 Tips Terbaik Untuk Mengatasinya!

 

Namun, kini masalahnya dunia sekarang mengalami perubahan yang drastis. Contohnya adalah seperti adanya pandemic covid yang memporak-porandakan konsep bahwa bekerja harus berada di kantor. Mulai terbuka, pilihan bekerja dari mana saja dan kapan saja, asalkan seluruh tanggung jawabnya selesai tepat pada waktunya.

Pilihan tersebut tentu saja menimbulkan konsekuensi baru bagi perusahaan dan karyawan. Bagi pemilik bisnis tentu akan mempertanyakan bagaimana caranya mengetahui kinerja karyawan pada saat jam kerja. Sementara mungkin yang dirasakan oleh karyawan Apakah kantor mempercayai ia bekerja pada jam efektif.

Disitulah perusahaan membutuhkan sebuah perangkat yang dinamakan sebagai absensi online. Dengan adanya aplikasi ini maka baik pengusaha maupun pekerja sama-sama diuntungkan. Bisa menjadi salah satu jembatan untuk saling meningkatkan kepercayaan keduanya.

 

Baca Juga: Absensi Face Recognition Vs Finggerprint. Mana Yang Lebih Bagus?

 

Manfaat Penggunaan Absensi Online

Menilik dari kebutuhan karyawan dan perusahaan sudah pasti bahwa absensi online mempunyai keuntungan tersendiri yang dapat dinikmati oleh keduanya. Bukan hanya berhubungan dengan pemanfaatan teknologi tinggi tetapi juga untuk mengetahui tingkat kinerja para pekerja.

Jadi keduanya memperoleh keuntungan yang maksimal dengan penggunaan platform kehadiran ini. Sebab sangat akurat dan efektif untuk Membantu memenuhi kebutuhan keduanya secara optimal. Bahkan dapat digunakan setiap hari pada saat hari kerja efektif tanpa adanya kesulitan kecuali hanya membutuhkan internet saja.

 

Baca Juga: Bagaimana Proses Verifikasi Pada Absensi Online? Berikut Penjelasannya

 

Benefit Bagi Perusahaan

Sebenarnya pada awal pembuatan absensi online lebih diutamakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan untuk melihat kehadiran para karyawan pada jam efektif.  Namun ternyata kini semakin berkembang tidak hanya untuk presensi tetapi dapat digunakan sebagai salah satu indikator kinerja.

Apa sajakah benefitnya bagi perusahaan? Simak ulasan di bawah ini.

 

1. Mengetahui Tingkat Kehadiran Karyawan

Fungsi utama dari absensi online adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kehadiran karyawan pada saat jam kerja efektif. Dapat menilai apakah tingkat kehadirannya. Entah bekerja dari rumah, dari mana saja, atau ada penugasan dinas luar yang bisa saja terjadi pada kurun waktu tertentu.


Namun yang jelas bahwa kemudahan yang diberikan ini akan membuat  perusahaan mengetahui apakah ia bekerja atau tidak pada saat itu. Karena umumnya aplikasi absensi online ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mendeteksi keberadaan karyawan apakah sesuai dengan lokasi penempatan atau tidak.

 

Baca Juga: Simak Peran Dan Cara Kerja Fitur GPS Pada Aplikasi Absensi Setoormuka

 

2. Mengkalkulasi Kinerja Karyawan

Dengan mengetahui posisi karyawan bekerja pada saat jam kerja efektif, maka perusahaan dapat menilai apakah tingkat kinerjanya sesuai dengan harapan atau tidak.  Terutama bagi mereka yang bekerja tidak di kantor. Apakah keadaan sekitarnya mendukung untuk tetap dapat memenuhi tuntutan perusahaan atau tidak.

Sebab ini akan menjadi salah satu faktor serta informasi dasar bagi perusahaan untuk mendukung perubahan modal kerja,  yaitu dari rumah atau dari mana saja. Sekiranya positif tentu akan menjadi salah satu komponen penting yang perlu dipertimbangkan untuk waktu berikutnya.

 

3. Terhubung Langsung dengan Penugasan

Unit yang terkait dapat membuat integrasi langsung dengan penugasan apakah memang benar karyawan tersebut berada pada lokasi yang tepat. Umumnya ini terjadi pada mereka yang berada diluar daerah dan dan status pekerjaannya adalah dinas luar.  Tentu saja supervisornya mengetahui tempat lokasi pekerjaannya.

Dengan aplikasi absensi online ini maka supervisor akan mengetahui apakah karyawan dinas tersebut dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik atau tidak sesuai dengan jam kerja. Atau malah membutuhkan waktu lembur untuk menyelesaikan seluruh tanggung jawabnya karena memiliki perbedaan fasilitas.

 

4. Dapat Membantu Untuk Reward and Promotion

Secara tidak langsung, perangkat absensi online ini dapat perusahaan gunakan untuk membantu melakukan penilaian reward dan promotion.  Sebab seluruh data yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk melihat hubungan apakah pekerja yang tidak berada di kantor akan memiliki prestasi yang sama dengan yang di dalam kantor.

 

Baca Juga: Karyawan Perusahaan Kamu Sering Terlambat Absensi Online? Ini Dia 7 Tips Terbaik Untuk Mengatasinya!

 

Sumber: radarbojonegoro.jawapos.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Absensi
Penerapan Pola Kerja pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Penerapan pola kerja dalam aplikasi absensi online karyawan AbzTrak melibatkan beberapa langkah dan fitur yang dirancang untuk memudahkan manajemen ab...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Analisis dan Pelaporan Data pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Analisis dan pelaporan data apda absensi karyawan sangat diperlukan perusahaan untuk melakukan evaluasi tehadap kedisiplinan dan produktifitas karyawa...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Absensi Karyawan Online VS Manual. Yakin, masih menggunakan absensi manual setelah baca ini?

Hal pertama yang dilakukan karyawan saat tiba di kantor adalah mencatatkan kehadirannya dalam sistem absensi. Perusahaan menggunakan berbagai macam...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu