Absensi

Simak Peran dan Cara Kerja Fitur GPS Pada Aplikasi Absensi Setoormuka

  • Sep 18, 2023
  • 9 bulan yang lalu
image-content

Sekarang ini penggunaan absensi karyawan berbasis online cukup marak digunakan untuk membantu mengatasi urusan pengelolaan kehadiran karyawan di masa WFH maupun pekerjaan remote. Sebab sebelumnya mesin absensi tidak bisa mengatasi urusan jarak.

Untuk itulah kenapa sekarang ini aplikasi absensi online lebih banyak dipilih dan digunakan sebagai salah satu aplikasi kantor yang mendukung kerja di masa pandemi. Salah satu hal yang paling dicari dalam aplikasi absensi adalah fitur gps nya. Yang bisa meminimalkan kecurangan waktu dan juga bisa mendeteksi lokasi karyawan.

Nah bagaimana sih aplikasi absensi dengan lokasi atau dengan fitur gps untuk melacak lokasi ini? Mari kita ulas bersama.

 

Baca juga: Cara Kerja Dan Manfaat Fitur Face Recognition Pada Aplikasi Absensi MSSHRPay

 

Apa yang Dimaksud dengan Fitur GPS Pada Setoormuka?

Fitur GPS pada Setoormuka adalah perangkat lunak untuk manajemen kehadiran karyawan yang dikembangkan dengan teknologi Global Positioning System (GPS). Melalui aplikasi ini, perusahaan dapat melacak dan memantau posisi karyawan secara langsung dan real time dengan bantuan GPS.

Terdapat beberapa kondisi dimana perusahaan biasanya akan membutuhkan kehadiran aplikasi absensi berbasis GPS ini, seperti:

  • Memiliki karyawan yang bekerja dengan sistem kerja jarak jauh seperti kerja remote atau Work From Home (WFH).
  • Ingin memantau karyawan yang bekerja secara mobile seperti tim marketing atau tim sales, driver, dan lain-lain
  • Ingin melacak jam kerja pekerja lapangan
  • Perusahaan ingin mencatat waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan di kantor dan di luar kantor.
  • Dan lain-lain.

 

Baca juga: Pengertian Dan Manfaat Aplikasi Absensi

 

Keuntungan yang Ditawarkan oleh Fitur GPS Pada Setoormuka:

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa perusahaan peroleh saat menggunakan sistem absensi ini.

 

1. Memantau karyawan yang bekerja secara mobile.

Fitur GPS pada umumnya tersedia dalam perangkat mobile, notebook atau komputer. Saat aplikasi diaktifkan, sistem akan mulai mencatat dan merekam perjalanan karyawan Anda sepanjang hari. Dari aplikasi, perusahaan dapat memantau cara kerja tim sales/tim marketing di lapangan.

Perusahaan dapat melihat tanggal dan waktu yang dihabiskan karyawan di lokasi tertentu serta melacak rute perjalanan yang diambil oleh karyawan saat mengunjungi klien. Data tersebut kemudian dapat dianalisis oleh pihak perusahaan atau leader tim untuk penilaian kinerja. Data juga dapat dianalisis untuk mencari solusi terbaik agar karyawan bisa bekerja secara efisien dan lebih produktif.

 

2. Mengelola pekerja lapangan di beberapa lokasi.

Memeriksa pekerja lapangan akan menghabiskan banyak waktu terlebih jika perusahaan memiliki banyak pekerja yang harus dipantau. Berdasarkan laporan yang diperoleh dari Hubstaff diketahui bahwa 56% pemilik dan manajer perusahaan konstruksi menghabiskan rata-rata sekitar 11 jam setiap minggu untuk bepergian ke beberapa lokasi untuk memeriksa pekerja lapangannya.

Hal ini tentu sangat tidak efektif. Oleh karena itulah absensi berbasis GPS ini dipergunakan agar perusahaan bisa memperoleh visibilitas tentang bagaimana karyawan bekerja tanpa harus datang langsung ke lokasi. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat dan mengelola pekerja lapangan yang berada di beberapa lokasi yang berbeda melalui satu dashboard. 

 

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Perusahaan Kamu Harus Menggunakan Aplikasi Absensi

 

3. Memeriksa jam mulai dan jam selesai bekerja.

Meskipun karyawan tidak bekerja di kantor, perusahaan tetap harus memantau jam kehadiran dan jam selesai bekerja untuk melihat kedisiplinan karyawan. Melalui aplikasi absensi ini, pekerja mobile ataupun pekerja lapangan dapat melakukan absensi dimanapun mereka berada bahkan di lokasi klien sekalipun. Dengan demikian, perusahaan tetap dapat melihat apakah karyawan mulai bekerja secara tepat waktu atau terlambat.

 

4. Absensi yang lebih praktis.

Ada kalanya tim sales harus berkunjung ke lokasi klien di pagi. Dengan aplikasi ini, karyawan dapat melakukan absensi secara online sehingga mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk perjalanan menuju kantor dan dapat segera menemui klien.

 

Baca juga: Absensi Face Recognition Vs Finggerprint. Mana Yang Lebih Bagus?

 

5. Absensi yang lebih praktis.

Ada kalanya tim sales harus berkunjung ke lokasi klien di pagi. Dengan aplikasi ini, karyawan dapat melakukan absensi secara online sehingga mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk perjalanan menuju kantor dan dapat segera menemui klien.

 

6. Meningkatkan produktifitas karyawan.

Karyawan yang bekerja secara mobile harus memiliki time management yang baik agar mereka dapat menemui beberapa klien potensial dalam sehari. Melalui aplikasi ini, karyawan dapat lebih mudah untuk memahami bagaimana mereka menghabiskan jam kerjanya sehingga dapat mengelola waktu dengan sebaik mungkin.

Dengan cara ini karyawan dapat menjadi lebih produktif sehingga mereka mampu mencapai target yang sudah ditentukan. Saat produktivitas karyawan meningkat, tentu perusahaan dapat memberikan apresiasi atau bonus kepada karyawannya.

 

Sumber: dokodemo-kerja.com & kantorkita.co.id


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Absensi
Penerapan Pola Kerja pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Penerapan pola kerja dalam aplikasi absensi online karyawan AbzTrak melibatkan beberapa langkah dan fitur yang dirancang untuk memudahkan manajemen ab...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Analisis dan Pelaporan Data pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Analisis dan pelaporan data apda absensi karyawan sangat diperlukan perusahaan untuk melakukan evaluasi tehadap kedisiplinan dan produktifitas karyawa...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Absensi Karyawan Online VS Manual. Yakin, masih menggunakan absensi manual setelah baca ini?

Hal pertama yang dilakukan karyawan saat tiba di kantor adalah mencatatkan kehadirannya dalam sistem absensi. Perusahaan menggunakan berbagai macam...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu