Absensi

Absensi Face Recognition vs Finggerprint. Mana yang Lebih Bagus?

  • Sep 18, 2023
  • 9 bulan yang lalu
image-content

Sistem absensi menggunakan face recognition dan fingerprint, mana yang lebih bagus? – Di era yang serba modern ini, hampir semua hal yang dilakukan tak bisa lepas dari sistem jaringan komputer dan internet. Bahkan untuk absensi pun sekarang sudah menggunakan teknologi yang canggih, yaitu sistem face recognition dan fingerprint. Kedua sistem ini pada dasarnya adalah jawaban untuk solusi absensi yang lebih aman dan pastinya praktis.

Dengan menggunakan kedua sistem absensi ini, sebuah perusahaan bisa mendeteksi setiap karyawan yang hadir secara detail dengan waktu kehadirannya pula. Lalu sebenarnya sistem absensi menggunakan face recognition dan fingerprint, mana yang lebih bagus? Untuk mengetahui jawabannya langsung saja Anda simak ulasan berikut ini.

 

Baca juga: Cara Kerja Dan Manfaat Fitur Face Recognition Pada Aplikasi Absensi MSSHRPay

 

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Face Recognition:

Sistem absensi menggunakan teknologi pengenalan wajah ini dinilai cukup efektif dan aman karena komputer akan mendeteksi wajah seseorang melalui kontur wajahnya. Dengan cara ini, hampir mustahil untuk dipalsukan karena setiap manusia terlahir dengan kontur wajah yang berbeda-beda, baik dari segi jarak antar mata, kedalaman mata, lebar rahang, dan lain sebagainya.

Kelebihan lain dari sistem ini adalah para penggunanya cukup memposisikan wajah di depan alat scan yang disediakan dan sistem absensi akan bekerja otomatis. Tetapi, sistem ini juga dinilai masih memiliki kelemahan tersendiri, yaitu waktu pemrosesan data yang cenderung lebih lama jika dibandingkan alat fingerprint.

Untuk waktu pemrosesan yang sedikit lebih lama ini sebenarnya memang tidak terlalu mengganggu, tetapi tetap saja mengurangi daya efektif dari mesin itu sendiri. Beberapa alat pemindai wajah bahkan ada yang membutuhkan waktu lebih lama dan terkadang perlu beberapa kali scan agar data seseorang bisa terekam dengan baik. Selain itu, alat rekam wajah ini juga memiliki harga yang lebih mahal daripada fingerprint.

 

Baca juga: Pengertian Dan Manfaat Aplikasi Absensi

 

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Fingerprint:

Sistem absensi menggunakan fingerprint nampaknya lebih mudah dijumpai daripada sistem pengenalan wajah. Salah satu penyebabnya tentu persoalan harga yang mana mesin fingerprint cenderung lebih murah dan mudah didapatkan. Sistem pengaturannya juga tidak serumit pendataan face recognition yang harus melalui beberapa tahapan pengenalan kontur wajah.

Kelebihan lainnya dari sistem fingerprint adalah kecepatan proses data yang baik. Dengan menempelkan ibu jari atau jari telunjuk sesuai dengan perekaman awal, sistem dapat memproses data dengan cepat dan akurat. Sistem ini juga dinilai lebih efisien untuk digunakan karena jarang terjadi kesalahan dan error dalam proses pengolahan datanya.

Tetapi walau demikian bukan berarti fingerprint tidak memiliki kelemahan. Walaupun jarang dijumpai error pada saat proses scan berlangsung, masih ada beberapa faktor lain yang terkadang membuat proses ini terkendala. Seperti misalnya sidik jari yang basah karena keringat, maka sistem fingerprint tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, perlu adanya perawatan secara berkala agar mesin tetap bisa digunakan dengan baik dalam jangka panjangnya.

 

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Perusahaan Kamu Harus Menggunakan Aplikasi Absensi

 

Kesimpulan dari Sistem Face Recognition dan Fingerprint:

Jadi sebenarnya sistem absensi menggunakan face recognition dan fingerprint, mana yang lebih bagus? Tentu keduanya sama-sama bagus dan mampu bekerja secara efektif. Hanya saja, kedua alat ini memerlukan perawatan yang baik dan penggunaan yang tepat. Dengan demikian, keduanya bisa menutupi kelemahan masing-masing. Jadi, apapun mesin yang digunakan, pastinya dapat mempermudah kerja manusia dengan cara meminimalisir kesalahan data dan kecurangan.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda seputar mesin absensi di era modern ini.

 

Sumber: lasernet.co.id


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Absensi
Penerapan Pola Kerja pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Penerapan pola kerja dalam aplikasi absensi online karyawan AbzTrak melibatkan beberapa langkah dan fitur yang dirancang untuk memudahkan manajemen ab...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Analisis dan Pelaporan Data pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Analisis dan pelaporan data apda absensi karyawan sangat diperlukan perusahaan untuk melakukan evaluasi tehadap kedisiplinan dan produktifitas karyawa...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Absensi Karyawan Online VS Manual. Yakin, masih menggunakan absensi manual setelah baca ini?

Hal pertama yang dilakukan karyawan saat tiba di kantor adalah mencatatkan kehadirannya dalam sistem absensi. Perusahaan menggunakan berbagai macam...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu