Absensi

Bagaimana Proses Verifikasi pada Absen Online? Berikut Penjelasannya

  • Sep 18, 2023
  • 9 bulan yang lalu
image-content

Absensi menjadi salah satu hal yang wajib ada di perusahaan maupun instansi, yang bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan karyawan dalam bekerja. Selain itu, absensi juga berguna untuk mengetahui keaktifan karyawan, dan sebagai bahan laporan. Apakah di perusahaan Anda masih melakukan absensi menggunakan fingerprint atau pencatatan secara manual yang dipasang pada masing-masing divisi di perusahaan? Penggunaan fingerprint dalam proses absensi ini bisa dilakukan ketika karyawan hadir dan pulang dari kantor. Namun tahukah Anda, bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini membuat beberapa perusahaan mulai beralih ke absen online.

 

Absen online adalah sebuah pencatatan kehadiran karyawan dengan sistem cloud yang terhubung dengan database secara real-time. Sistem cloud ini akan menyimpan data absensi karyawan secara otomatis tanpa perlu melakukan rekapitulasi. Data absensi yang masuk dapat diakses di mana dan kapan saja, selama terhubung dengan jaringan internet. Dengan software berbasis cloud dalam memanajemen data absensi karyawan, maka absensi online dapat melakukan tracking karyawan berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition, serta bisa mencatat jam kerja secara real-time juga memantau aktivitas kehadiran karyawan secara efektif dan efisien. 

 

Baca juga: Pengertian Dan Manfaat Aplikasi Absensi

 

Kenapa Perlu Beralih ke Absen Online?

Dengan adanya absensi, setiap perusahaan akan mengetahui siapa saja karyawan yang rajin masuk kerja dan datang lebih awal, serta siapa saja yang sering terlambat bekerja. Dengan begitu, maka perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi kepada para karyawannya. Selain itu, adanya absensi juga dapat membantu meningkatkan mutu dari perusahaan itu sendiri. Begitu pentingnya peran absensi karyawan bagi perusahaan. Maka dari itu, persoalan absensi tidak boleh dianggap remeh.

 

Ada banyak alasan kenapa sebaiknya Anda meninggalkan cara konvensional dan mulai mengandalkan absen online. Berikut ini adalah beberapa perbandingan antara absensi online dengan absensi konvensional yang perlu dipahami:

  1. Penggunaan absensi konvensional mengharuskan karyawan datang ke tempat untuk absen. Sedangkan dengan absensi online, setiap karyawan bisa melakukannya di mana pun mereka berada atau multi lokasi.
  2. Penggunaan absensi konvensional membuat karyawan lebih sering melakukan kontak fisik dengan alat absen, sedangkan absensi online bisa sebaliknya.
  3. Absensi konvensional cenderung membuat antrian yang panjang saat jam masuk atau jam pulang kerja. Lain halnya dengan menggunakan absensi online, di mana karyawan tidak perlu berlama-lama mengantri karena proses absensi dapat dilakukan menggunakan ponsel masing-masing.  
  4. Tidak seperti absensi online, peralatan absensi konvensional lebih rawan rusak karena seringnya pemakaian. Tidak hanya itu, penggunaan absensi konvensional juga memerlukan perawatan secara rutin.

 

Baca juga: Cara Kerja Dan Manfaat Fitur Face Recognition Pada Aplikasi Absensi MSSHRPay

 

Proses Verifikasi pada Aplikasi Absen Online:

Cara untuk melakukan absen online bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan face recognition. Tujuanya adalah untuk menentukan dan mengidentifikasikan bahwa karyawan yang melakukan absensi adalah benar karyawan dari perusahaan tersebut. Anda bisa mengenali identitas wajah karyawan dengan teknologi Artificial Intelligence, jika Anda menggunakan layanan dari Msshrpay yaitu Setoormuka. Setoormuka menawarkan Biometric Verification yang terdiri dari Face Recognition untuk keperluan absen online di perusahaan Anda!

 

Dengan Setoormuka, proses verifikasi kemiripan wajah pengguna dapat diselesaikan secara singkat. Hanya dalam hitungan satu detik, teknologi ini bisa mencocokkan data real-time dengan data yang sudah terekam di dalam database. Teknologi AI Setoormuka akan membandingkan dua wajah baik dalam bentuk selfie atau dokumen secara akurat, sehingga dapat memastikan bahwa pengguna adalah orang yang sama. Anda tidak perlu khawatir jika pengguna mengambil gambar secara terbalik. Pasalnya, Setoormuka bisa mendeteksi dan memutar gambarnya langsung ke posisi yang benar.

 

Baca juga: Absensi Face Recognition Vs Finggerprint. Mana Yang Lebih Bagus?

 

Sementara itu, dengan Setoormuka Anda dapat mendeteksi objek di depan kamera secara akurat dan memastikan bahwa objek tersebut merupakan identitas asli yang hidup, bukan representasi dari foto atau topeng. Peran Face Recognition ini digunakan dalam pengenalan wajah yang dapat membedakan antara foto langsung (pengguna asli) dengan representasi palsu seperti dari cetakan 2D, cetakan 3D, atau gambar digital. Anda pun bisa mencegah aktivitas log-in secara ilegal dengan mendeteksi objek hidup dan mati melalui dua fitur canggih yang ada di aplikasi Setoormuka.

 

Sumber: verihubs.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Absensi
Penerapan Pola Kerja pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Penerapan pola kerja dalam aplikasi absensi online karyawan AbzTrak melibatkan beberapa langkah dan fitur yang dirancang untuk memudahkan manajemen ab...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Analisis dan Pelaporan Data pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Analisis dan pelaporan data apda absensi karyawan sangat diperlukan perusahaan untuk melakukan evaluasi tehadap kedisiplinan dan produktifitas karyawa...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Absensi Karyawan Online VS Manual. Yakin, masih menggunakan absensi manual setelah baca ini?

Hal pertama yang dilakukan karyawan saat tiba di kantor adalah mencatatkan kehadirannya dalam sistem absensi. Perusahaan menggunakan berbagai macam...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu