Absensi

Karyawan Perusahaan Kamu Sering Terlambat absensi online? Ini dia 7 tips terbaik untuk mengatasinya!

  • Oct 9, 2023
  • 8 bulan yang lalu
image-content

Karyawan sering datang terlambat saat bekerja atau rapat baik onsite maupun online memang bisa sangat mengganggu proses kerja karyawan yang lain. Namun, jangan khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara mudah lho. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Ada berbagai alasan yang biasanya menjadi penyebab karyawan datang terlambat, seperti kemacetan di jalan yang tidak terhindarkan, ada urusan di rumah yang perlu diselesaikan, atau gangguan kesehatan kecil yang perlu diatasi terlebih dahulu. Apapun alasannya terlambat datang saat kerja atau rapat memang hal yang normal terjadi. Namun, jika dibiarkan hal ini justru bisa mengganggu produktivitas kerja karyawan yang terlambat.

 

Baca Juga: 7 Jurus Yang Paling Ampuh Untuk Menghilangkan Jenuh Dalam Bekerja

 

Tips Mengatasi Karyawan yang Sering Terlambat

Oleh karena itu, HRD harus bisa tegas menghadapi karyawan yang sering terlambat. Karena bagaimanapun salah satu tugas HRD adalah memastikan semua proses bekerja di kantor berjalan dengan lancar dan karyawan bisa bekerja dengan sebaik mungkin. Saat ini HRD juga bisa mengatasi karyawan yang sering datang terlambat dengan beberapa tips di bawah ini:  

 

1. Ajak karyawan berdiskusi

Alih-alih langsung menghukum karyawan dengan memberikan sanksi yang berat, ada baiknya HRD mengajak karyawan yang sering terlambat untuk berdiskusi terlebih dahulu. Saat diskusi, HRD bisa menanyakan beberapa pertanyaan, seperti penyebab karyawan sering terlambat dan adakah langkah yang sudah atau akan karyawan lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Selain itu, HRD juga bisa membantu karyawan dalam menemukan solusi untuk mengatasi keterlambatan mereka. Ini bisa berupa saran terkait transportasi, pengaturan jadwal yang lebih sesuai, atau bantuan lainnya jika ada masalah pribadi yang memengaruhi keterlambatan. Agar proses diskusi berjalan dengan lebih lancar dan karyawan bisa lebih jujur kepada HRD, ada baiknya HRD melakukan diskusi di ruang rapat atau tempat lain yang jarang dilewati oleh karyawan lain. Karena hal ini akan membuat karyawan lebih nyaman dan merasa lebih dihargai.

 

2. Beri tahu karyawan mengenai aturan yang berlaku di perusahaan

Ada baiknya kalau HRD memberi tahu karyawan yang sering terlambat mengenai aturan yang sudah ditetapkan perusahaan. Karena mungkin alasan karyawan sering terlambat adalah karena karyawan tidak mengetahui aturan yang berlaku. Sampaikan juga secara detail kepada karyawan mengenai durasi maksimal karyawan boleh datang terlambat bekerja atau rapat.

 

Baca Juga: Cara Kerja Dan Manfaat Fitur Face Recognition Pada Aplikasi Absensi MSSHRPay

 

3. Buat kesepakatan bersama

Tidak ada salahnya juga jika HRD membuat kesepakatan yang harus dipenuhi karyawan. Misalnya saja, karyawan boleh datang terlambat namun tidak boleh menggunakan waktu istirahat. Namun, hal ini hanya berlaku untuk karyawan yang datang terlambat ke kantor ya. Sedangkan untuk karyawan yang sering datang terlambat saat rapat, HRD bisa membuat kesepakatan lain, seperti karyawan harus menerima konsekuensi tertinggal informasi selama rapat. Karena meskipun rapat akan tetap dimulai meskipun karyawan datang terlambat.

 

4. Berikan contoh yang baik untuk karyawan

Sebagai HRD, kamu juga bisa memberikan contoh yang baik pada karyawan dengan tidak pernah datang terlambat saat rapat atau bekerja. Karena ada beberapa karyawan yang memang menjadikan HRD sebagai panutan di kantor. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu selalu datang tepat waktu ketika bekerja di kantor ataupun ketika sedang mengikuti rapat secara online

 

5. Lakukan evaluasi secara rutin

Melakukan evaluasi secara rutin juga bisa menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Jika ternyata ada karyawan yang dulunya sering terlambat, namun saat ini tidak pernah terlambat lagi, maka tidak ada salahnya jika kamu memberikan pujian. Karena untuk beberapa karyawan hal ini justru bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

 

Baca Juga: Rahasia Sukses Dalam Berkarir, Yuk Dimulai Dari Sekarang!

 

6. Berikan sanksi

Kalau karyawan masih sering terlambat meskipun sudah di ajak diskusi dan mencapai kesepakatan bersama, tidak ada salahnya kalau kamu memberikan sanksi. Karena tidak bisa dipungkiri, memberikan sanksi memang merupakan salah satu hal paling efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi karyawan yang sering terlambat. Namun, ada baiknya jika kamu juga membuat tahapan sanksi dari yang paling kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika tiga kali karyawan datang terlambat saat bekerja atau rapat, maka karyawan akan diberikan teguran, tiga sampai tujuh kali terlambat gajinya akan dipotong, dan begitu seterusnya.

 

7. Berlakukan jam kerja yang fleksibel

Jika ternyata ada banyak karyawan dalam satu divisi yang sering datang terlambat, tidak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan untuk memberikan jam kerja yang fleksibel. Karena jam kerja yang fleksibel juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Namun, sayangnya tidak semua bagian di perusahaan bisa memiliki jam kerja yang fleksibel. Beberapa bagian yang biasanya bisa dengan mudah mengikuti jam kerja yang fleksibel, yaitu social media specialist, marketing, dan content writer.

Meskipun karyawan yang sering datang terlambat memang bisa mengganggu proses bekerja di perusahaan secara keseluruhan, jangan lupa untuk tetap setenang mungkin menghadapi hal ini ya. Karena jika dihadapi dengan setenang mungkin, kamu bisa mengatasi hal ini dengan mudah dan perusahaan juga bisa berjalan dengan semaksimal mungkin.

 

Baca Juga: Apa Saja Hambatan Dalam Mengembangkan Karir? Yuk Simak, Mungkin Kamu Juga Mengalami Ini!

 

Sumber: pijar.info


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Absensi
Penerapan Pola Kerja pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Penerapan pola kerja dalam aplikasi absensi online karyawan AbzTrak melibatkan beberapa langkah dan fitur yang dirancang untuk memudahkan manajemen ab...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Analisis dan Pelaporan Data pada Aplikasi Absensi Online Karyawan AbzTrak

Analisis dan pelaporan data apda absensi karyawan sangat diperlukan perusahaan untuk melakukan evaluasi tehadap kedisiplinan dan produktifitas karyawa...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu
image-content
Absensi
Absensi Karyawan Online VS Manual. Yakin, masih menggunakan absensi manual setelah baca ini?

Hal pertama yang dilakukan karyawan saat tiba di kantor adalah mencatatkan kehadirannya dalam sistem absensi. Perusahaan menggunakan berbagai macam...

Ahlun Nazar
  • Apr 22, 2024
  • 2 bulan yang lalu