HRIS

Penjelasan Lengkap Tentang Jenis & Strategi Penerapan Aplikasi HRIS

  • Nov 27, 2023
  • 7 bulan yang lalu
image-content

Dalam era digital saat ini, teknologi informasi berperan penting dalam mempermudah berbagai aktivitas bisnis termasuk dalam manajemen sumber daya manusia. Salah satu teknologi informasi yang sering digunakan oleh departemen HR (Human Resources) adalah HRIS (Human Resource Information System).

Apa itu HRIS? Bagaimana HRIS dapat membantu proses & sistem manajemen human resource di perusahaan? Seberapa banyak manfaatnya? Yuk, simak sampai selesai untuk mengenal apa itu HRIS, Jenis HRIS & bagaimana strategi penerapannya!

 

Baca Juga: Aplikasi HRIS: 5 Manfaat Serta Fitur-Fitur Yang Harus Ada Di Aplikasi HRIS Untuk Perusahaan Kamu

 

Apa itu HRIS?

Apa itu HRIS? HRIS atau Human Resource Information System adalah sistem informasi berbentuk software yang digunakan oleh departemen HR (human resource) dalam mengelola dan memproses data terkait dengan karyawan dan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.

HRIS digunakan untuk mengotomatisasi berbagai proses administrasi seperti penggajian, manajemen absensi, manajemen kinerja, pengembangan karyawan, dan lain-lain. Dengan HRIS, departemen HR dapat mengelola aktivitas sumber daya manusia secara lebih efisien dan efektif.

HRIS dapat dikategorikan berdasarkan ukuran dan kompleksitas perusahaan. Terdapat HRIS untuk perusahaan kecil dan menengah yang biasanya memiliki fitur terbatas seperti manajemen absensi, penggajian, manajemen karyawan, dan rekrutmen.

Sedangkan HRIS untuk perusahaan besar lebih kompleks dan canggih dengan berbagai fitur tambahan seperti manajemen talenta, manajemen kinerja, analisis data, dan integrasi dengan sistem lain.

 

Jenis HRIS Pada Perusahaan

Terdapat beberapa jenis HRIS yang paling populer untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Masing-masing jenis HRIS ini memiliki tujuan untuk mengelola kebutuhan karyawan. Berikut adalah jenis-jenis dari HRIS perusahaan.

1. HRIS Operational.

HRIS jenis ini umumnya digunakan untuk memproses data administrasi HR seperti absensi, penggajian, dan manajemen karyawan. Fitur pada HRIS jenis ini biasanya terbatas dan tidak terlalu kompleks. HRIS Operational cocok untuk perusahaan kecil dan menengah.

 

2. HRIS Tactical.

HRIS jenis ini lebih canggih dibandingkan dengan HRIS Operational. HRIS Tactical dapat digunakan untuk mengelola data karyawan secara lebih detail seperti manajemen talenta dan manajemen kinerja. HRIS Tactical dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih efektif dan efisien.

 

3. HRIS Strategic.

HRIS jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki kebutuhan yang kompleks seperti perusahaan yang memiliki banyak cabang atau karyawan yang tersebar di berbagai negara. HRIS Strategic mampu mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan menghasilkan analisis data yang akurat dan terpercaya. HRIS Strategic dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang strategis.

 

4. HRIS Comprehensive.

HRIS jenis ini merupakan HRIS yang paling canggih dan kompleks. HRIS Comprehensive dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan memberikan informasi yang sangat detail mengenai karyawan dan sumber daya manusia perusahaan hingga regulasi pemerintah yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. HRIS Comprehensive cocok untuk perusahaan besar dan multinasional.

 

Baca Juga: Mengapa Human Resource Sangat Penting Bagi Perusahaan? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

 

Strategi Penerapan HRIS

Strategi penerapan HRIS mencakup beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik agar implementasinya dapat berjalan dengan sukses. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail mengenai strategi penerapan HRIS:

1. Mempersiapkan Sumber Daya Manusia.

Penerapan HRIS membutuhkan sumber daya manusia yang memadai dan mampu mengoperasikan sistem tersebut dengan baik. Oleh karena itu, perusahaan harus mempersiapkan karyawan yang akan bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan HRIS dengan memberikan pelatihan dan pendidikan yang dibutuhkan.

 

2. Penerapan Sistem dan Teknologi yang Kompeten.

Perusahaan harus memilih HRIS yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang baik agar dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional. Selain itu, sistem dan teknologi yang digunakan juga harus kompatibel dengan sistem yang ada di perusahaan.

 

3. Menjaga Rahasia Perusahaan dengan Baik.

HRIS berisi informasi penting mengenai karyawan dan perusahaan, sehingga keamanannya sangat penting. Perusahaan harus menentukan level akses yang sesuai dengan jabatan atau posisi karyawan untuk meminimalkan risiko kebocoran data.

 

4. Mempertahankan Kualitas Teknologi.

Perusahaan harus selalu memperbarui teknologi dan sistem yang digunakan agar tetap sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan bisnis. Hal ini akan membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional serta tetap bersaing di pasar.

 

Baca Juga: Berikut Penjelasan Mengapa Perusahaan Kamu Membutuhkan Aplikasi HRIS!

 

HRIS menjadi salah satu sistem informasi penting yang diperlukan oleh perusahaan. Selain membantu perusahaan, keberadaan HRIS juga tentunya mempermudah karyawan itu sendiri dan juga tim HR. Selain HRIS, masih banyak lagi hal-hal yang perlu diketahui oleh seorang human resource agar bisa mengoptimalkan sumber daya manusia di perusahaan.

 

 

Sumber: kuncie.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
HRIS
Penjelasan Lengkap Tentang Jenis & Strategi Penerapan Aplikasi HRIS

Dalam era digital saat ini, teknologi informasi berperan penting dalam mempermudah berbagai aktivitas bisnis termasuk dalam manajemen sumber daya manu...

Ahlun Nazar
  • Nov 27, 2023
  • 7 bulan yang lalu
image-content
HRIS
Berikut Penjelasan Mengapa Perusahaan Kamu Membutuhkan Aplikasi HRIS!

Apa itu software HR? Software HR adalah sebuah perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data karya...

Ahlun Nazar
  • Nov 27, 2023
  • 7 bulan yang lalu
image-content
HRIS
Aplikasi HRIS: 5 Manfaat serta fitur-fitur yang harus ada di aplikasi HRIS untuk perusahaan kamu

Adaptasi teknologi telah membawa perubahan dan kemudahan pada setiap aspek kehidupan. Penerapan sistem HRIS menjadi salah satu wujud nyata dari implem...

Ahlun Nazar
  • Nov 27, 2023
  • 7 bulan yang lalu