Perusahaan

Resolusi 2024: Tips Jitu Agar Lebih Sukses dan Cepat Naik Jabatan Pada Tahun 2024

  • Feb 21, 2024
  • 4 bulan yang lalu
image-content

Bingung menerapkan resolusi 2024 untuk pekerjaan agar karier tidak mandek? Ini dia resolusi 2024 untuk pekerjaan agar kariermu bisa meningkat.

Tahun baru menjadi momen yang tepat untuk memulai hal-hal baru, termasuk menetapkan resolusi untuk meningkatkan karier dan produktivitas di tempat kerja. Dengan menetapkan resolusi yang jelas dan terukur, kamu akan memiliki motivasi lebih besar untuk mencapai tujuan.

Resolusi 2024 untuk pekerjaan tentu juga akan menjadi motivasi meningkatkan kualitas hidup. Namun dalam menyusun resolusi 2024 untuk pekerjaan, ada kunci utama yang harus diperhatikan, yakni SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound).

Jadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Specific: Resolusi 2024 untuk pekerjaan harus jelas dan spesifik. Tujuan yang jelas akan membantumu tetap fokus dan termotivasi untuk mencapainya.

Measurable: Resolusi kamu harus terukur sehingga dapat memantau kemajuanmu. Dengan mengukur kemajuan diri sendiri, kamu akan lebih termotivasi untuk terus berusaha.

Achievable: Resolusi harus realistis dan dapat dicapai. Jika resolusi terlalu ambisius, kamu akan merasa frustasi dan tidak termotivasi untuk mencapainya.

Relevant: Resolusi yang jelas akan membantumu tetap fokus dan termotivasi.

Time-bound: Resolusi kamu harus memiliki jangka waktu yang jelas. Target waktu yang spesifik akan membantumu untuk tetap on track.

 

Baca Juga: Buang Jauh-Jauh 7 Pola Pikir Ini Agar Bisnis Anda Sukses Pada Tahun 2024!


Berikut resolusi 2024 untuk pekerjaan yang bisa membantumu lebih sukses dan mungkin naik jabatan

1. Bisa menjadi pemikir yang strategis

Menurut pendapat Profesor Michael D. Watkins dari sekolah bisnis IMD di Swiss dan penulis The Six Disciplines of Strategic Thinking, yang akan diterbitkan pada Januari 2024, tahun ini, para pemimpin harus menavigasi lanskap kompetitif yang sedang terguncang oleh teknologi baru dan tantangan ekonomi.

Untuk itu, tidak ada keterampilan kepemimpinan yang lebih penting daripada pemikiran strategis. Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin maka harus bisa berpikir stretegis jauh ke depan.

"Ketangkasan sangat penting dalam menghadapi pertikaian geopolitik dan kerusuhan sosial. Pemikiiran strategis yang efektif mendasari hal tersebut sehingga memungkinkan untuk mengubah ketidakpastian menjadi peluang," kata Watkins dilansir dari Forbes.


2. Meningkatkan produktivitas

Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan output yang diinginkan dalam waktu yang terbatas. Meningkatkan produktivitas dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien.

Kamu dapat melakukan meningkatkan produktivitas kerja dengan berbagai cara, seperti:

- Membuat jadwal dan prioritas kerja
- Mengelola waktu dengan baik
- Menghindari distraksi
- Melakukan delegasi tugas.


3. Meningkatkan kinerja di kantor

Kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai dalam kurun waktu tertentu. Meningkatkan kinerja dapat membantumu untuk memberikan hasil kerja yang lebih baik.

Beberapa cara untuk meningkatkan kinerja antara lain:

- Belajar dan mengembangkan keterampilan baru
- Melakukan inovasi dan kreativitas
- Menjadi lebih proaktif dan berkontribusi.


4. Menguasai keterampilan baru

Keterampilan baru dapat membuka peluang karir atau membantumu untuk berkembang di posisi saat ini. Kamu dapat mempelajari keterampilan baru melalui kursus online, pelatihan, atau membaca buku dan artikel.

 

Baca Juga: Apa Saja Skill Penting Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Sukses Pada Tahun 2024? Berikut Penjelasannya!


5. Latihan napas saat sedang stres

Mungkin selama ini kamu bisa mengacaukan pekerjaan saat sedang stres. Coba buat resolusi 2024 untuk pekerjaan yang bisa melewati stres dengan baik.

Menurut psikoterapis dan guru pernapasan yang berbasis di London, Carolyn Cowan, resolusi praktis untuk mengelola stres tak hanya meningkatkan kualitas pekerjaan tapi juga bisa menjaga kualitas hidupmu.

Dia merekomendasikan untuk mencoba latihan pernapasan sederhana ketika kamu merasa stres. Cara latihan pernapasan saat stres:

- Duduklah tegak dan lurus
- Gunakan ibu jari kanan untuk menutup lubang hidung kanan dan tarik napas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri
- Buang napas sepenuhnya dari mulut
- Ulangi selama tiga menit
- Kemudian tarik napas dalam-dalam
- Jalin jari-jari
- Rentangkan tangan di atas kepala, telapak tangan ke atas
- Lakukan gerakan seperti menguap lebar dan tahan napas selama 10-15 detik, jika bisa

"Buang napas dan diamlah, perhatikan bagaimana perasaanmu," ujar Cowan.


6. Mengejar mimpi karier

Mengejar mimpi karier menjadi salah satu resolusi 2024 untuk pekerjaan yang paling populer. Apa tujuan karier yang ingin kamu capai di masa depan? Coba tulis dan rencanakan.

Beberapa cara untuk mengejar mimpi karier:

- Mencari informasi dan peluang
- Mengikuti pelatihan dan pengembangan
- Membangun jaringan profesional.

 

Baca Juga: Apa Itu Sense Of Belonging Dan Bagaimana Cara Membentuk Sense Of Belonging Pada Karyawan? Ini Tipsnya!

 

7. Meningkatkan kemampuan berorganisasi

Kemampuan berorganisasi yang baik dapat membantumu untuk menyelesaikan tugas dengan lebih efisien dan efektif. Kamu dapat meningkatkan kemampuan berorganisasi dengan mengikuti kursus atau membaca buku tentang manajemen waktu.

Menjadi anggota tim yang lebih baik juga bisa membantu meningkatkan kemampuan organisasi. Kerja sama tim merupakan salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan di dunia kerja.

Kamu dapat meningkatkan kemampuan kerja sama tim dengan aktif berpartisipasi dalam kegiatan tim, mendengarkan pendapat orang lain, dan memberikan bantuan kepada rekan kerja.

Selain beberapa contoh di atas, kamu juga dapat membuat resolusi pekerjaan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuanmu sendiri. Penting untuk menetapkan resolusi 2024 untuk pekerjaan yang realistis dan terukur agar dapat mencapainya dengan lebih mudah.

 

Jadi, apa resolusi 2024 untuk kariermu?

 

Sumber: wolipop.detik.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Perusahaan
Ingin Omzet Perusahaan Anda Naik Derastis? Lakukan Tips Berikut ini

Omset penjualan adalah salah satu parameter kunci keberhasilan bisnis. Tingginya omset tidak hanya mencerminkan popularitas produk atau layanan, tetap...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Terapkan Gaya Kepemimpinan ini Jika Ingin Mengoptimalkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Anda

Kita semua pasti sepakat bukan bahwa karyawan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Performa kinerja mereka sangat berpengaruh terhadap ke...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Mau Buat Karyawan Kamu Bahagia Bekerja di Perusahaan? Lakukan Tips Berikut

Kebahagiaan karyawan merupakan aspek penting yang harus dijaga perusahaan. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika karyawan bah...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu