Payroll

8 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payroll Untuk Perusahaan Anda!

  • Apr 1, 2024
  • 3 bulan yang lalu
image-content

Pernah kebayang nggak sih para HR harus menghitung gaji pokok karyawan satu persatu beserta komponennya? Bakal pusing banget kan!

Nantinya hal ini juga akan berdampak pada keterlambatan distribusi gaji karyawan. Kebayang dong kenapa gaji kalian suka telat turun. 

Tetapi seiring dengan perkembangan zaman yang sekarang sudah serba digital, perhitungan gaji pun bisa dilakukan secara digital melalui satu software payroll yang terintegrasi.

Dalam menjalankan bisnis, proses payroll tidak dapat dipisahkan karena gaji adalah hak karyawan setelah melakukan tugasnya.

Namun, mengelola penggajian merupakan tugas yang rumit, memakan waktu, dan menguras pikiran. 

Nah, gimana sih aplikasi payroll bisa membawa kemudahan untuk Perusahaan Anda? Yuk simak keuntungan aplikasi payroll dalam artikel di bawah ini!

 

Baca Juga: 10 Tren Terbaru Aplilasi Payroll Pada Tahun 2024!

 

Fungsi software payroll

Aplikasi payroll memiliki fungsi yang sangat membantu HR dalam proses penggajian ataupun personalia sumber daya manusia karyawan. Fungsi aplikasi payroll antara lain: 

  • Mempermudah proses penggajian dengan melakukan perhitungan otomatis terkait gaji karyawan berdasarkan data kehadiran, tunjangan, dan potongan yang telah diatur sebelumnya.
  • Berfungsi untuk menghitung gaji pokok, tunjangan, potongan, bonus dan benefit karyawan lainnya secara otomatis.
  • Dapat membuat slip gaji yang rinci dan akurat untuk setiap karyawan, mencakup detail keseluruhan komponen penggajian.
  • Dapat menghitung dan mengelola potongan pajak penghasilan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
  • Memudahkan untuk merekap laporan yang rinci terkait data gaji dan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk keperluan audit dan analisis.

 

Keuntungan software payroll

Tentu saja dengan fungsi aplikasi payroll yang beragam memberikan keuntungan untuk karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi payroll : 

1. Mengurangi kesalahan proses penggajian 

Aplikasi payroll akan mencatat otomatis semua data kehadiran karyawan, termasuk informasi tentang karyawan yang datang terlambat atau mengajukan izin tidak masuk kerja.

Data absensi yang masuk dalam sistem payroll ini nantinya akan otomatis mempengaruhi gaji karyawan.

Tanpa perlu takut kehilangan, tertinggal ataupun terlupa, data karyawan akan terupdate otomatis, ini membantu HR meringankan beban mereka. 

Proses penggajian juga memiliki komponen yang banyak dengan seorang HR yang mengerjakan keseluruhan proses mulai dari menghitung gaji, potongan tunjangan dan lainnya akan memakan waktu lama.

Terlebih kesalahan perhitungan/human error yang tidak bisa dihindari.

Software payroll meminimalkan proses gaji manual dengan otomatis terintegrasi melalui satu aplikasi yang bisa menghitung dan mengolah secara mandiri. Ini membuat pekerjaan HR menjadi lebih ringan dan efektif.

 

2. Proses penggajian bisa tepat waktu

Menggunakan software payroll bisa memaksimalkan waktu pengerjaan penggajian. Karena biasanya penggajian yang terlambat dikarenakan HR belum selesai merekap keseluruhan gaji karyawannya. 

Maka dari itu, dengan penggunaan software payroll, penggajian bisa tepat waktu diberikan. Karena HR biasanya hanya akan menginput data saja dan sistem akan otomatis menghitung dan mengelola proses penggajian. 

 

Baca Juga: Asli Ga Pake Ribet! Berikut Penjelasan Penggunaan Aplikasi Payroll MSSHRPay

 

3. Menghemat pengeluaran perusahaan 

Memakai software payroll bisa menekan pengeluaran perusahaan menjadi lebih sedikit. Karena dengan menggunakan software payroll selain untuk memproses penggajian, juga dilengkapi untuk mencetak slip gaji elektronik. 

Dengan slip gaji elektronik, HR tidak perlu mencetak laporan penggajian secara manual. Hal ini menghemat biaya pengeluaran kertas dan print. 

Selain itu nantinya slip gaji elektronik ini bisa langsung diterima oleh karyawan melalui aplikasi payroll ataupun melalui email pribadi masing-masing karyawan.

 

4. Keamanan data yang lebih baik

Keamanan data yang lebih baik juga menjadi keuntungan software payroll. Software payroll di desain dengan fitur keamanan untuk menjaga dan melindungi seluruh informasi data keuangan karyawan.

Hal ini diperlukan karena data penggajian karyawan yang disimpan secara manual rentan terhadap risiko kehilangan atau manipulasi data. 

Selain itu, software payroll biasanya dilengkapi enkripsi data dan otorisasi akses. Ini dimaksudkan untuk membatasi hak akses ke modul dan informasi tertentu.

Hanya pihak yang berwenang, seperti administrator, yang dapat mengakses data sensitif.

 

5. Slip gaji terdistribusi secara mandiri

Keuntungan software payroll lainnya yaitu mengurangi mobilitas karyawan untuk pengajuan ataupun menerima proses penggajian. 

Software payroll mengoptimalkan pendistribusian slip gaji secara otomatis melalui satu aplikasi yang langsung terkirim ke aplikasi ataupun email masing-masing karyawan. 

Hal ini memudahkan perusahaan dan karyawan karena tidak perlu lagi meminta slip gaji secara manual sehingga waktu kerja pun dapat dimanfaatkan dengan lebih efisien.

Ini cocok banget untuk perusahaan dengan aktivitas remote, ataupun Hybrid

 

6. Transparansi kepada karyawan

Menggunakan software payroll akan memudahkan karyawan melihat perhitungan gaji yang lebih rinci melalui aplikasi dan slip gaji yang diberikan. 

Software payroll menghasilkan slip gaji yang disusun dengan rapi dan mudah dipahami oleh karyawan, serta meningkatkan transparansi terkait komponen pendapatan dan potongan.

Walaupun software payroll memberikan transparansi data tetapi keamanan akan tetap terjamin. Data akan tetap aman dalam software payroll.

 

7. Fleksibilitas mengelola penggajian 

Sistem software payroll juga didesain untuk mengelola penggajian dengan mengikuti kebutuhan perusahaan. Desain software payroll mencakup beberapa aspek yang memungkinkan pengaturan dan adaptasi sesuai dengan kebijakan serta struktur organisasi perusahaan.  

Sistem software payroll dapat dikonfigurasikan untuk mengkustomisasi dan menyesuaikan struktur gaji dengan berbagai tingkatan dan jabatan karyawan. 

Lalu, software payroll dapat diatur untuk mengakomodasi berbagai jenis tunjangan dan potongan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Hal Ini mencakup aspek-aspek seperti asuransi kesehatan, dana pensiun, dan potongan-potongan lainnya yang dapat bervariasi antar perusahaan.

Selain itu, fleksibilitas software payroll juga mencakup kemampuan untuk memperbarui peraturan dan kebijakan gaji seiring waktu. 

 

8. Meningkatkan kepuasan karyawan

Manfaat aplikasi payroll, tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga dirasakan oleh karyawan itu sendiri. 

Karyawan yang sudah berbedikasi ke perusahaan juga menginginkan proses penggajian yang cepat dan akurat. Untuk itu, kepuasan karyawan terhadap penggajian tersebut pun sangat penting bagi mereka. 

Tentunya Anda pun ingin meningkat kepuasan karyawan juga, bukan? Hal itu disebabkan, jika karyawan puas terhadap benefit yang ia dapat, maka produktivitas pun akan meningkat. 

Maka, aplikasi payroll dapat memastikan karyawan menerima gaji mereka tepat waktu. Lalu setiap pertanyaan atau kekhawatiran yang karyawan rasakan tentang penggajian akan ditangani dengan cepat dan juga efektif. 

 

Baca Juga: 6 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Menggunakan Jasa Payroll Outsourcing

 

Kesimpulan 

Menggunakan aplikasi payroll dapat menguntungkan dari berbagai aspek. Hal ini sangat membantu HR dalam melakukan pengelolaan penggajian. 

Aplikasi payroll dirancang untuk memproses penggajian mulai dari pendataan karyawan hingga pendistribusian slip gaji elektronik. 

Aplikasi payroll membuat proses penggajian lebih mudah, hemat waktu dan biaya serta meningkatkan keakuratan. Mempertimbangkan untuk beralih ke aplikasi payroll adalah keputusan yang tepat, mengingat manfaat yang dapat diperoleh dibandingkan dengan pengerjaan manual.

Kami mengenalkan Aplikasi Payrol MSSHRPAY yang memiliki kemampuan pengelolaan penggajian menggunakan software yang terintegrasi, membuat proses penggajian secara otomatis dalam satu aplikasi.

Aplikasi Payrol MSSHRPAY memungkinkan pengelolaan gaji karyawan yang dapat disesuaikan dengan pajak dan BPJS sehingga penghitungan gaji akan lebih akurat. 

Selain itu, Aplikasi Payrol MSSHRPAY dapat merinci perhitungan gaji dalam slip gaji yang didistribusikan melalui aplikasi langsung kepada masing-masing karyawan. 

Aplikasi ini juga sangat fleksibel dengan file bank yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Setelah mengetahui keuntungan software payroll sangat disayangkan jika tidak mencobanya! Cek selengkapnya di msshrpay.com untuk dapatkan demo gratis sekarang nikmati keuntungan proses penggajian yang mudah. 

Demikian artikel yang mengenai keuntungan software payroll, semoga dapat memberikan insight baru dalam proses penggajian ya! Jangan lupa untuk lihat artikel lainnya mengenai penggajian ataupun payroll di Blog Kami

 

 

Sumber: fortiushris.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Payroll
Informasi Detail Pajak Penghasilan (PPh) 21 Karyawan pada Aplikasi Payroll MSSHRPay

Memasuki era sekarang, banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya digitalisasi untuk mempermudah sektor pekerjaan yang sifatnya operatif. Misal...

Ahlun Nazar
  • May 6, 2024
  • 1 bulan yang lalu
image-content
Payroll
7 Manfaat Utama Aplikasi Payroll MSSHRPay dalam Mendukung Perhitungan BPJS Karyawan

BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan merupakan salah satu komponen dalam perhitungan gaji karyawan, yang mana ketentuannya sudah diatur dalam aturan pem...

Ahlun Nazar
  • May 6, 2024
  • 1 bulan yang lalu
image-content
Payroll
Peran Penting Aplikasi Payroll MSSHRPay dalam Meningkatkan Efesiensi & Produktifitas Perusahaan!

Penggajian adalah salah satu tugas administratif yang penting dalam bisnis apa pun, tetapi dapat menjadi proses yang memakan waktu dan membingungkan j...

Ahlun Nazar
  • May 6, 2024
  • 1 bulan yang lalu