Perusahaan

Apa Saja Skill Penting Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Sukses Pada Tahun 2024? Berikut Penjelasannya!

  • Feb 21, 2024
  • 4 bulan yang lalu
image-content

Persaingan di dunia kerja semakin ketat, mendorong setiap pelamar dan pekerja untuk dapat menonjol dengan menguasai berbagai keterampilan, baik itu soft skill maupun hard skill.

Keberagaman kemampuan ini dipercaya dapat membantu individu meraih pekerjaan impian dan meraih pendapatan besar di tahun 2024. 

Dunia terus berubah, begitu pula dengan tren yang ada di dunia kerja. Teknologi, peristiwa global, hingga perubahan iklim berdampak signifikan terhadap kebutuhan perusahaan dan pemerintah.

Untuk bisa sukses, tentunya kita harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada.

Mari kita telusuri lebih dalam mengenai skill wajib yang diharapkan akan menjadi kunci kesuksesan di masa depan.

 

Baca Juga: Buang Jauh-Jauh 7 Pola Pikir Ini Agar Bisnis Anda Sukses Pada Tahun 2024!

 

Skill yang Wajib Dikuasai di Tahun 2024

1. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang baik tidak hanya berbicara secara efektif, tetapi juga harus mampu aktif mendengarkan, beradaptasi dengan lawan bicara, memberi dan menerima tanggapan, serta memahami bahasa tubuh.

Komunikasi yang terampil dibutuhkan dalam semua bentuk komunikasi, seperti saat melamar kerja, wawancara, rapat, email, dan konferensi video. Komunikasi merupakan skill yang sangat penting di segala jenis pekerjaan dan posisi.

Kemampuan berkomunikasi secara efektif tetap menjadi keterampilan utama, baik dalam berinteraksi dengan sesama pekerja maupun teknologi seperti AI, kemampuan komunikasi yang baik membantu menyampaikan pesan dengan jelas dan efisien.

 

2. Kecerdasan Emosional

Mengenali dan memahami emosi diri sendiri dan bagaimana emosi tersebut dapat mempengaruhi orang-orang disekitarmu adalah skill yang penting untuk dipelajari. Memiliki kecerdasan emosional yang baik dapat membuatmu menjadi komunikator, pemecah masalah, dan manajer yang lebih baik. Selain itu, skill ini juga bisa membantumu menciptakan hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja dan klien.

Kecerdasan emosional juga dibutuhkan di semua pekerjaan, khususnya di bidang human resources, manajemen, dan posisi yang melibatkan peran kepemimpinan. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa kecerdasan emosional adalah kunci dari kepemimpinan transformasional. Pemimpin transformasional dapat menghasilkan kerja tim yang fleksibel dan memiliki moral yang baik, sehingga menghasilkan kepuasan kerja yang lebih besar.

 

3. Fleksibilitas Kognitif

Fleksibilitas kognitif adalah kemampuan otak untuk beradaptasi dengan situasi dan peristiwa yang baru, berubah, atau tidak direncanakan. Dapat juga dikatakan sebagai kemampuan untuk berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya. Hal ini membutuhkan otak dan proses mental (kognisi) untuk menjadi fleksibel.

Skill ini sangat berguna untuk pekerjaan yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang kompleks atau untuk peran yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan perencanaan strategis. Sebagian besar posisi yang berhubungan dengan peran kepemimpinan dan manajemen memerlukan fleksibilitas kognitif, begitu pula pekerjaan di bidang industri kreatif dan layanan kesehatan.

 

4. Kreativitas

Kreativitas bukan hanya tentang kemampuan artistik, tetapi juga kemampuan untuk menemukan solusi inovatif terhadap masalah.

Individu kreatif dapat mengembangkan, menguji, dan menerapkan solusi baru untuk menyelesaikan berbagai masalah bisnis.

 

Baca Juga: Apa Itu Sense Of Belonging Dan Bagaimana Cara Membentuk Sense Of Belonging Pada Karyawan? Ini Tipsnya!

 

5. Berpikir Analitis

Kemampuan berpikir analitis menjadi soft skill yang dicari oleh perusahaan di tahun 2024. Ini melibatkan kemampuan untuk memeriksa, menafsirkan, dan mendapatkan wawasan dari data.

Berpikir analitis memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan masalah rumit, mengevaluasi situasi secara logis, dan membuat keputusan berdasarkan bukti dan logika.

 

6. Membuat Keputusan

Kemampuan untuk membuat keputusan penting yang berdampak pada individu, organisasi, ataupun bisnis sangat penting dalam hal personal dan profesional. Ada beberapa profesi yang sangat membutuhkan kemampuan kemampuan ini, antara lain:

  • Hakim

  • Pengacara

  • Chief Executive

  • Bidang kesehatan

  • Farmakologi

  • Kepala Sekolah

 

7. Networking

Kemampuan untuk membangun jaringan atau koneksi dengan profesional lain semakin penting.

Networking tidak hanya membantu dalam pengembangan karier tetapi juga memungkinkan individu untuk mengembangkan keterampilan penting melalui interaksi dengan orang-orang yang tepat.

 

8. Problem Solving

Problem solving merupakan keterampilan penting lainnya yang harus dimiliki oleh pekerja di tahun 2024.

Kemampuan mengidentifikasi masalah, berpikir kritis, dan menerapkan solusi dengan logika dan penalaran membantu individu untuk tetap relevan dan efektif dalam berbagai situasi kerja.

 

9. Coding

Coding adalah menggunakan bahasa pemrograman untuk memerintahkan sistem komputer melakukan suatu kerja. Orang yang melakukan coding juga bisa disebut sebagai software engineers, software developers, atau computer programmers. Walaupun terdapat perbedaan di antara ketiganya, namun secara umum nama-nama tersebut digunakan secara bergantian.

Kemampuan coding sangat diperlukan dalam pengembangan software baru yang banyak digunakan oleh pihak swasta dan pemerintah di berbagai bidang, seperti kesehatan dan pendidikan.

Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan skill coding adalah:

  • Web Developer

  • Mobile App Developer

  • Game Scientist

  • Game Developer

 

10. Analisis Data / Data Analytics

Kemampuan untuk bisa menganalisis data diakui sebagai salah satu skill utama yang dibutuhkan di tahun 2024 dan diprediksi akan terus dibutuhkan untuk tahun-tahun mendatang. 

Seorang data analyst bertugas untuk mengumpulkan dan menerjemahkan data untuk berbagai keperluan, misalnya untuk memecahkan suatu permasalahan atau melakukan suatu perencanaan. Analisis data (data analyst) dibutuhkan di berbagai bidang, mulai dari sektor bisnis, akademisi, hingga pemerintah.

Jika kamu tertarik menjadi seorang data analyst, kamu dapat berkembang menjadi senior data analyst atau mendalami spesialisasi di setiap bidang dan berlanjut menjadi seorang data scientist.

 

Baca Juga: Apakah Kamu Sedang Tidak Nyaman Kerja Di Kantor? Berikut Tips Jitu Membuat Kamu Selalu Nyaman Kerja Di Kantor

 

11. Cloud Computing

Secara sederhana, cloud computing adalah proses pengiriman layanan komputasi – termasuk server, penyimpanan (storage), database, jaringan, software, analitik, dan intelligence – melalui internet (cloud) untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan ekonomis.

Dalam bisnis, kamu cukup membayar layanan cloud yang kamu gunakan untuk menurunkan biaya operasi sehingga kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan mudah ketika ingin merubah skalanya.

Agar mahir dalam menggunakan keterampilan cloud computing, kamu perlu menguasai ilmu pemrograman dan platform komputer. Selain itu, kamu juga perlu terampil dalam pengelolaan sistem yang terintegrasi dan memelihara jaringan dan database.

Cloud computing dibutuhkan untuk pekerjaan berikut:

  • Cloud engineer

  • Cloud consultant

  • Cloud architect

  • Data scientist

 

12. Digital Marketing

Digital marketing memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan jual beli produk. Agar bisa terampil dalam menggunakan skill ini, kamu juga membutuhkan keahlian lainnya sebagai pendukung, seperti analisis data, manajemen project, sosial media, copywriting, serta pengetahuan mengenai pelanggan dan Search Engine Optimisation (SEO).

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi global, tidak diragukan lagi bahwa digital marketing menjadi skill yang sangat dibutuhkan sekarang dan di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan digital marketing:

  • Digital marketing specialist

  • Product marketing manager

  • Social media strategist

  • Content marketing executive

  • SEO manager

  • Bidang marketing

 

 

Sumber: hotcourses.co.id, jateng.akurat.co


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Perusahaan
Ingin Omzet Perusahaan Anda Naik Derastis? Lakukan Tips Berikut ini

Omset penjualan adalah salah satu parameter kunci keberhasilan bisnis. Tingginya omset tidak hanya mencerminkan popularitas produk atau layanan, tetap...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Terapkan Gaya Kepemimpinan ini Jika Ingin Mengoptimalkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Anda

Kita semua pasti sepakat bukan bahwa karyawan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Performa kinerja mereka sangat berpengaruh terhadap ke...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Mau Buat Karyawan Kamu Bahagia Bekerja di Perusahaan? Lakukan Tips Berikut

Kebahagiaan karyawan merupakan aspek penting yang harus dijaga perusahaan. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika karyawan bah...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 3 hari yang lalu