Perusahaan

Apakah kamu sedang tidak nyaman kerja di kantor? Berikut Tips Jitu Membuat Kamu Selalu Nyaman Kerja di Kantor

  • Oct 23, 2023
  • 8 bulan yang lalu
image-content

Apa kamu sudah merasa nyaman bekerja saat ini? Banyak faktor yang mempengaruhi kenyamanan kita saat bekerja di kantor, baik itu dari diri sendiri maupun rekan kerja lain. Agar kamu dapat leluasa bekerja dengan penuh kenyamanan, coba terapkan delapan tips berikut ini dengan baik.

 

Baca Juga: Apa Itu Sense Of Belonging Dan Bagaimana Cara Membentuk Sense Of Belonging Pada Karyawan? Ini Tipsnya!

 

1. Kelola emosi.

Ketika kamu sedang emosi, sedang marah, sedih, dan sebagainya. Cobalah untuk menjaga perilaku agar tidak ada orang yang dirugikan atas emosi yang sedang kamu alami, baik itu rekan kerja, perusahaan, keluarga, teman dekat, atau siapapun. Bersikaplah profesional, jangan sampai orang-orang sekitar kita terkena dampak emosi kamu.

Kamu bisa menenangkan diri dengan menyendiri sambil melampiaskan emosi dengan berdoa pada Tuhan, dengan begitu kamu bisa marah atau menangis dengan tidak menyakiti orang lain. Gantungkanlah segala masalah dan kekesalanmu pada Tuhan, karena Dia-lah yang maha tahu lagi bijaksana.

 

2. Rapikan ruang kerja.

Biasakan untuk menata rapi ruang kerja sesuai kenyamanan kamu, karena itu akan berpengaruh pada mood kamu dalam bekerja. Kamu bisa menambahkan hiasan pernak-pernik yang pantas agar tampak santai dan menyenangkan. Supaya tidak bosan, kamu bisa menata ulang serta menggantinya secara berkala.

 

3. Tidak mengiyakan semua perintah bila tak sanggup.

Bukan berarti melawan atasan atau rekan kerja, akan tetapi agar pekerjaan lain yang belum kamu selesaikan itu akan selesai sesuai jadwalnya. Agar pekerjaan kita bisa tuntas, maka jangan selalu mengiyakan perintah tapi sebenarnya dalam hati kamu kecewa bahkan tidak sepenuh hati mengerjakannya.

 

Baca Juga: Kamu HRD? Wajib Baca Ini! Tips Mengelola Karyawan Di Perusahaan Anda

 

4. Selalu disiplin.

Menjadi hal yang selalu diwanti-wanti, namun jarang sekali di taati apalagi kalau bukan disiplin. Sebagai pekerja kantoran, kamu bukan hanya harus disiplin terhadap diri sendiri tapi juga terhadap tugas dan tanggung jawab pekerjaan. Lakukan apa yang mestinya dilakukan dan tinggalkan apa yang memang harus ditinggalkan pada waktu-waktu tertentu.

 

5. Hindari hal yang memicu emosi.

Kamu harus lebih bijak dalam berinteraksi dengan rekan-rekanmu. Hindari obrolan yang dapat memunculkan rasa jengkel terhadap seseorang, lebih baik diam daripada kamu terlibat hal-hal yang tidak produktif seperti itu. Kamulah yang mengendalikan emosi, jangan mudah terpengaruh kedengkian dan kemarahan orang lain.

 

Baca Juga: Jangan Abaikan Kenyamanan Bekerja Karyawan Anda, Inilah Yang Harus Dilakukan Perusahaan Agar Karyawan Nyaman Bekerja

 

6. Bersikap tegas dengan rekan kerja.

Tak jarang ada saja rekan kerja yang malas dan suka mengoper tugas yang mestinya dia kerjakan, bersikaplah tegas pada orang-orang seperti ini sebelum kamu rugi waktu, tenaga, dan pikiran. Karena itu bukan tugasmu, jika kamu mau mengerjakan tugasnya, maka itu juga bukan bentuk bantuan melainkan kamu justru dimanfaatkan.

 

7. Gunakan waktu istirahat dengan maksimal.

Bukan hanya istirahat makan siang, tapi juga hari libur kamu. Gunakan waktu istirahat itu dengan baik dan jangan karena hari libur lalu kamu memforsir tenagamu untuk menghabiskan hari libur dengan hal yang melelahkan. Tetaplah menjaga kondisi tubuh dengan banyak minum air putih agar kamu siap menyongsong hari kerja yang berkualitas.

 

8. Kelompokkan tugas.

Bagi tugas-tugas kamu dari yang harus didahulukan, bagi dan kerjakan secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit. Buat target penyelesaian yang sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan kamu, jangan memaksakan diri dengan menumpuk-numpuk atau menunda pekerjaan.

Kini, waktunya kamu terapkan beberapa tips tadi. Semoga makin nyaman bekerja ya!

 

Baca Juga: Rahasia Sukses Dalam Berkarir, Yuk Dimulai Dari Sekarang!

 

 

Sumber: idntimes.com


  Kembali
Ahlun Nazar

Ahlun Nazar

Web Programmer

"Keyakinan adalah kunci yang menjadi faktor utama dalam sebuah keberhasilan".

Artikel yang terkait:

image-content
Perusahaan
Ingin Omzet Perusahaan Anda Naik Derastis? Lakukan Tips Berikut ini

Omset penjualan adalah salah satu parameter kunci keberhasilan bisnis. Tingginya omset tidak hanya mencerminkan popularitas produk atau layanan, tetap...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 5 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Terapkan Gaya Kepemimpinan ini Jika Ingin Mengoptimalkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Anda

Kita semua pasti sepakat bukan bahwa karyawan adalah aset terpenting bagi perusahaan. Performa kinerja mereka sangat berpengaruh terhadap ke...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 5 hari yang lalu
image-content
Perusahaan
Mau Buat Karyawan Kamu Bahagia Bekerja di Perusahaan? Lakukan Tips Berikut

Kebahagiaan karyawan merupakan aspek penting yang harus dijaga perusahaan. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika karyawan bah...

Ahlun Nazar
  • Jul 1, 2024
  • 5 hari yang lalu